Bugar

5 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami, Mudah Dilakukan lo

5 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami, Mudah Dilakukan lo

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat saat ini. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, terdapat cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami, lo.

Berikut Momsmoney rangkumkan lima cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami, melansir dari laman Mayo Clinic:

1. Mengubah pola makan

Pola makan sehat dapat membantu mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung, misalnya seperti di bawah ini:

  • Kurangi Lemak Jenuh: Terutama terdapat pada daging merah dan produk susu penuh lemak. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol total Anda. Mengurangi konsumsi jenis lemak ini dapat menurunkan kolesterol LDL.
  • Eliminasi Lemak Trans: Sering tercantum sebagai "minyak sayur terhidrogenasi parsial" pada label produk, lemak trans dapat meningkatkan kolesterol total. Penggunaan jenis minyak ini sudah dilarang oleh FDA mulai 1 Januari 2021.
  • Konsumsi Asam Lemak Omega-3: Berbeda dengan LDL, asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol buruk namun memberikan manfaat lain seperti penurunan tekanan darah. Makanan seperti salmon, makarel, herring, walnut, dan biji rami adalah sumber yang baik.
  • Tambahkan Serat Larut: Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Sumber serat larut termasuk oatmeal, kacang merah, kubis Brussel, apel, dan pir.
  • Tambahkan Protein Whey: Ditemukan dalam produk susu, protein whey dapat menurunkan kolesterol LDL dan total serta tekanan darah.

Baca Juga: Lemak Rontok dan BB Turun, Konsumsi Infused Water untuk Diet Ini yuk!

2. Tingkatkan olahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit lima kali seminggu atau melakukan aktivitas aerobik yang intens selama 20 menit tiga kali seminggu.

Menambahkan kegiatan olahraga, bahkan dalam jangka waktu pendek, dapat membantu dalam pengurangan berat badan dan peningkatan kesehatan jantung.

3. Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda dan memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, seperti peningkatan fungsi paru-paru dan sirkulasi darah serta penurunan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Jarang Diketahui Orang, Inilah Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan yang Luar Biasa

4. Turunkan berat badan

Memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Membuat perubahan kecil, seperti mengganti minuman manis dengan air dan memilih cemilan rendah kalori dapat memberikan dampak besar. Cari cara untuk mengintegrasikan lebih banyak aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian Anda.

5. Konsumsi alkohol dengan moderat

Konsumsi alkohol yang moderat terkait dengan peningkatan kadar kolesterol HDL. Namun, penting untuk tidak berlebihan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti tekanan darah tinggi dan stroke.

Itulah beberapa cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang bisa dicoba. Jika mengadopsi perubahan gaya hidup ini belum cukup untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan.

Selanjutnya: Ini 3 Drama Korea Terbaru yang Tayang pada Bulan Mei di Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News