Keluarga

6 Posisi Tidur Terbaik hingga Terburuk untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan Ahli

6 Posisi Tidur Terbaik hingga Terburuk untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan Ahli

MOMSMONEY.ID - Posisi tidur terbaik saat masa kehamilan sangat berperan vital bagi kenyamanan ibu hamil lo. Salah sedikit, posisi tidur bisa saja bikin pegal dan nyeri di seluruh badan.

Selain itu, terdapat banyak kekhawatiran lainnya perihal posisi tidur yang kadang dirasakan ibu hamil, salah satunya anggapan bahwa sang bayi dalam perut dapat tertekan dan sesak napas.

Berikut ini MomsMoney hadirkan sederet posisi tidur terbaik hingga terburuk untuk ibu hamil yang banyak direkomendasikan para ahli, ini dia.

Baca Juga: Sederet Persiapan Sebelum Persalinan yang Perlu Moms Ketahui

Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

1. Tidur miring ke kiri

Menurut American Pregnancy, posisi tidur terbaik untuk ibu hamil adalah posisi “SOS” atau tidur miring ke kiri.

Tidur miring dapat memberikan sirkulasi terbaik bagi ibu hamil & sang bayi dalam perut. Minimnya tekanan pada pembuluh darah & organ juga jadi pertimbangan Anda untuk mencoba posisi tidur yang satu ini.

Tidur miring ke kiri disebut-sebut bisa memberi jumlah darah & nutrisi yang mencapai plasenta sehingga dapat mengurangi potensi pembengkakan & varises pada kaki & wasir.

Baca Juga: Nyaman dan Mudah Dilepas, Ini 5 Jenis Bra yang Nyaman Dipakai Ibu Menyusui

2. Pakai bantal sebagai penyangga

Salah satu posisi tidur terbaik untuk ibu hamil ialah dengan menggunakan bantal sebagai penyangga. Sebab seiring bertambahnya usia kehamilan, maka banyak wanita yang merasa tidur miring bikin tak nyaman.

Supaya punggung yang menopang perut jadi tak sakit, maka Moms bisa meletakkan bantal di antara lutut & bawah perut untuk memberikan kenyamanan pada ibu hamil, dikutip dari Fakaza News.

Moms juga bisa membeli bantal badan atau disebut juga bantal kehamilan yang memang dirancang khusus untuk para ibu hamil untuk menjaga tulang belakang tetap sejajar supaya tak mudah nyeri dan pegal.

posisi tidur terbaik untuk ibu hamil

3. Tidur di kursi malas

Jika tidur menggunakan bantal masih membuat tubuh ibu hamil sakit, maka disarankan untuk mencoba posisi tidur sambil setengah duduk pada kursi malas, alih-alih kasur, dilansir dari What to Expect.

Baca Juga: Kemenkes Sebut Larangan Iklan Susu Formula Bayi Untuk Dukung Program ASI Eksklusif

Posisi Tidur Terburuk untuk Ibu Hamil

1. Tengkurap

Ibu hamil dilarang tidur tengkurap karena dapat menekan posisi perut & payuara yang terus membesar. Posisi tidur ini juga malah memberi rasa tidak nyaman karena nafas bisa tertekan.

Jika ingin tidur tengkurap, maka pastikan ini dilakukan di trisemester pertama kehamilan, serta menggunakan bantal berbentuk donat yang memiliki lubang di bagian tengah untuk mencegah perut terasa sakit & tertekan saat tengkurap.

Baca Juga: Perubahan Tubuh yang Terjadi Saat Hamil Muda

2. Telentang

Ilustrasi Kesehatan

Posisi tidur telentang dilarang selama trisemester kedua & ketiga kehamilan. Posisi ini bisa memperberat rahim karena menekan arteri utama aorta & vena cava yang mempersulit kerja jantung untuk memompa darah ke ibu hamil & janin.

Tidur telentang juga membuat ibu hamil mudah pusing, serta memberi tekanan pada tulang belakang yang bisa memperparah nyeri punggung bagian bawah yang umum dirasakan para ibu hamil.

Para ahli juga sudah tidak menyarankan ibu hamil tidur telentang mulai usia kehamilan 20 minggu.

Baca Juga: Punya Kaki Bengkak saat Hamil, Inilah Penyebab dan Cara Pencegahannya

3. Miring ke kanan

Jika para ahli menyarankan ibu hamil tidur dalam posisi miring ke kiri, maka berbeda dengan posisi miring ke kanan.

Menurut laman Sleep Foundation, para ahli bersepakat untuk tidak menyarankan ibu hamil tidur pada posisi miring ke kanan. Sebab posisi tidur ini bisa memberi tekanan pada hati sehingga kerjanya tidak optimal.

Itu dia sederet posisi tidur terbaik hingga terburuk untuk ibu hamil yang bisa Moms coba terapkan selama masa kehamilan.

Selanjutnya: Apollo Global Management Sepakat Investasi di BP Senilai US$ 1 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News