Keluarga

6 Jenis Kimbap yang Paling Digemari Masyarakat Korea, Ada Cheese Kimbap!

6 Jenis Kimbap yang Paling Digemari Masyarakat Korea, Ada Cheese Kimbap!

MOMSMONEY.ID - Kimbap telah dikenal dunia sebagai makanan Korea yang sangat digemari karena sering muncul di berbagai adegan dalam drakor. Namun tahukah Anda, ternyata ada banyak jenis kimbap dari Korea?

Jika Anda selama ini menganggap kimbap hanya terdiri dari 1 jenis saja, maka jawaban Anda salah besar. Sebab kimbap Korea punya banyak sekali jenis.

Nah, berikut ini MomsMoney hadirkan 6 jenis kimbap yang paling digemari masyarakat Korea. Melansir dari Taste Atlas dan Expat Guide Korea, mari intip selengkapnya.

Baca Juga: 6 Jenis Kimchi yang Paling Populer dan Disukai Masyarakat Korea

Mayak Kimbap

Jenis kimbap korea: mayak kimbap

Mayak adalah jenis kimbap Korea yang paling populer. Mayak kimbap berisi wortel, acar, lobak, bayam, dan nasi yang digulung rumput laut

Berbeda dari jenis kimbap tradisional pada umumnya yang diiris, Mayak Kimbap tidak diiris. Mayak kimbap diyakini berasal dari pasar Gwangjang di Kota Seoul.

Nama Mayak sendiri jika diterjemahkan adalah “narkotika”, bukan karena mengacu pada obat-obatan terlarang, melainkan karena rasanya yang bikin ketagihan setelah sekali menyantapnya.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Fermentasi yang Bisa Lancarkan Pencernaan

Samgak kimbap

Samgak kimbap adalah onigiri versi Korea. Jenis kimbap yang satu ini telah disesuaikan dengan lidah orang Korea, yakni dengan menambahkan kombinasi pasta kimchi, tuna, bulgogi, dan gochujang.

Sama seperti onigiri, Samgak Kimbap juga berbentuk segitiga & dibungkus rumput laut. Jenis kimbap ini sering dikonsumsi masyarakat Korea sebagai pengganjal perut saat pagi hari.

Chungmu Kimbap

Jenis kimbap korea: chungmu kimbap

Baca Juga: Ragam Deretan Mie Ala Korea yang Sering Muncul di Drakor dan Film Korea

Chungmu Kimbap adalah jenis kimbap berukuran sangat mungil. Uniknya, chungmu hanya berisi nasi yang digulung rumput laut, tanpa tambahan isian apapun.

Karena Chungmu Kimbap hanya terdiri dari nasi saja, maka biasanya masyarakat Korea mencelupkan kimbap ini ke saus tteokbokki. Tak jarang Chungmu Kimbap disajikan dalam menu dosirak (kotak bekal) untuk anak ke sekolah.

Kimchi kimbap

Kimchi adalah menu wajib di Korea yang tak boleh absen di setiap jam makan sehari-hari. Maka untuk mengakalinya, masyarakat Korea mencoba mengkreasikan kimchi menjadi sajian kimbap lezat.

Kimchi Kimbap ini terasa sangat lezat dengan paduan rasa pedas dan asam yang menyegarkan. Kimchi ini juga jadi salah satu makanan yang bikin perutmu kenyang.

Baca Juga: 6 Buah Unik dari Korea Selatan, Punya Bentuk dan Warna yang Khas

Chamchi kimbap

Meski masih terdengar sangat asing di telinga orang Indonesia, namun nama Chamchi Kimbap (kimbap tuna) sangat terkenal dan dicintai oleh masyarakat Korea.

Chamchi Kimbap dibuat dari bahan utama isian berupa tuna kalengan, acar, dan telur. Ada pula paduan isian bumbu di dalamnya seperti mayones, mustard, dan sedikit rempah khas Korea untuk penambah cita rasa.

Baca Juga: 8 Negara yang Punya Makanan Paling Pedas di Dunia, Ada Indonesia Juga!

Cheese kimbap

Jenis kimbap korea: cheese kimbap

Dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang, ada banyak orang Korea yang selalu menambahkan keju ke dalam setiap sajian makanan. Inilah yang menginspirasi mereka membuat Cheese Kimbap.

Sama seperti jenis kimbap pada umumnya, Cheese Kimbap juga berisi nasi yang digulung rumput laut, sayuran, dan potongan keju mozzarella yang dilelehkan.

Saking nikmatnya, menu Cheese Kimbap begitu populer hingga banyak disebut-sebut oleh banyak bintang K-Pop, salah satunya Sana TWICE.

Demikian deretan jenis kimbap Korea yang paling digemari masyarakat Korea. Sudahkah Anda menyantap semua jenis kimbap di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News