Keluarga

5 Makanan dan Minuman Fermentasi yang Bisa Lancarkan Pencernaan

5 Makanan dan Minuman Fermentasi yang Bisa Lancarkan Pencernaan

MOMSMONEY.ID - Makanan dan minuman fermentasi mengandung banyak bakteri baik yang berfungsi untuk melancarkan kesehatan.

Tak cuma itu, makanan fermentasi juga ternyata dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan!

Lantas, apa saja sih makanan dan minuman fermentasi itu? Mari kita simak selengkapnya.

Baca Juga: Bercitarasa Asin dan Gurih, Ini 6 Bahan Alternatif Pengganti Garam

Tempe

Tempe

Tempe merupakan produk makanan Indonesia yang dihasilkan dari proses fermentasi kedelai.

Tempe disebut-sebut sebagai sumber prebiotik & protein nabati yang dibutuhkan tubuh. Proses fermentasi ini mampu meningkatkan daya cerna kedelai yang menjadikannya sumber protein yang baik.

Melansir Times of India, tempe berkontribusi banyak untuk melancarkan pencernaan sekaligus memenuhi kebutuhan protein harian.

Baca Juga: Benarkah Minum Susu Sebelum Tidur Bikin Cepat Ngantuk? Ini Jawaban Ahli

Yogurt

Yogurt telah dikenal sebagai minuman fermentasi untuk melancarkan pencernaan.

Terbuat dari fermentasi susu, yogurt berisi 100 juta kultul probiotik per gram yang di dalamnya terdapat sekitar 17 miliar kultur dalam cangkir berukuran 6 ons, menurut International Dairy Foods Association yang dilansir dari Eating well.

yogurt

Probiotik dalam yogurt membantu mencerna sebaian laktosa. Sangat cocok dan baik dikonsumsi bagi orang yang intoleran laktosa.

Sebuah penelitian tahun 2021 di Nutrition Reviews menyatakan bahwa terdapat hubungan yang konsisten antara konsumsi yogurt dengan beberapa penyakit seperti penurunan risiko kanker payudara, Diabetes Tipe 2, peningkatan kesehatan kardiovaskular, tulang, dan usus.

Baca Juga: Bahaya Di Balik Konsumsi Berlebihan Dosis Vitamin D

Kimchi

Kimchi asal Korea Selatan disebut-sebut memiliki sifat antikanker. Makanan fermentasi ini biasanya terbuat dari kubis dan aneka sayuran lainnya.

Ulasan di tahun 2018 dalam Journal of Nutrition and Health menemukan bahwa dalam uji coba pada manusia, kimchi menunjukkan banyak manfaat kesehatan termasuk menurunkan kadar lipid darah, mendukung berat badan yang sehat, mengurangi tekanan darah, dan mengurangi peradangan.

Kombucha

Kombucha

Kombucha adalah salah satu jenis minuman fermentasi yang bisa lancarkan pencernaan. Kombucha sendiri sedikit bersoda dengan sensasi rasa asam karena merupakan hasil fermentasi teh manis dengan bakteri dan ragi.

Kombucha mengandung probiotik dan asam organik yang dapat meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus secara keseluruhan. Konsumsi kombucha secara teratur dapat membantu meringankan kembung, melancarkan BAB secara teratur, dan meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus.

Baca Juga: Perbedaan Susu Biasa, Susu Low Fat, dan Susu Skim, Mana yang Lebih Baik?

Miso

Miso, bumbu tradisional ala Jepang merupakan hasil fermentasi kedelai & biji-bijian yang menghasilkan pasta kaya rasa.

Miso sendiri merupakan sumber probiotik & enzim pencernaan yang dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dan meningkatkan kesehatan usus.

Itulah berbagai makanan dan minuman fermentasi yang bisa lancarkan pencernaan. Menambahkan makanan fermentasi ke dalam santapan kita berpotensi dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News