Keluarga

Jenis Pisang Paling Popular di Indonesia, Ada yang Manis hingga Asam lo

Jenis Pisang Paling Popular di Indonesia, Ada yang Manis hingga Asam lo

MOMSMONEY.ID - Ada banyak jenis pisang di Indonesia. Jenis pisang ini beragam, dari yang manis hingga asam, yang pendek hingga panjang, serta berkulit kuning hingga kehijauan.

Agar Anda bisa lebih mengenal jenis-jenis pisang yang ada di Indonesia, mari simak artikel berikut ini, yang dirangkum dari Kompas dan Royco, selengkapnya.

1. Pisang Ambon

Pisang ambon merupakan salah satu jenis pisang yang cukup popular di Indonesia. Jenis pisang Ambon memiliki banyak ragam, di antaranya ada:

  1. Pisang Ambon Lumut
  2. Pisang Ambon Kuning
  3. Pisang Ambon Cavendish

Baca Juga: Mengenal Definisi hingga Perbedaan Makanan Oriental dan Kontinental

Sejauh ini, jenis pisang ambon lumutlah yang paling terkenal. Warna kulit pisang ini cenderung kehijau-hijauan dengan bentuk dan panjang yang mirip dengan jenis pisang ambon lainnya.

Rata-rata pisang ambon punya cita rasa manis dan bertekstur pulen.

2. Pisang Tanduk

Pisang Goreng Tanduk

Pisang asli dari Sukabumi ini termasuk ke dalam jenis pisang yang popular di Indonesia. Bagaimana tidak, pisang tanduk kerap kali dijadikan sebagai camilan pisang goreng karena teksturnya yang tak terlalu lembek.

Pisang tanduk punya rasa manis, berbentuk sangat panjang dibandingkan jenis pisang lainnya. Inilah mengapa pisang dinamakan sebagai Pisang Tanduk.

Baca Juga: 4 Jenis Kayu Manis di Seluruh Dunia, Salah Satunya Asli dari Indonesia Loh!

3. Pisang Raja

Pisang yang populer “Pisang Raja” memiliki banyak jenisnya. Ada Pisang Raja Bulu, Pisang Raja Sere, Pisang Raja Molo, hingga Pisang Raja Uli.

  1. Pisang Raja Bulu

Pisang Raja Bulu memiliki rasa yang manis. Buahnya melengkung dan tak memiliki biji. Jenis pisang ini cukup besar dengan bentuk melengkung. Warna kulitnya kuning dengan bintik kehitaman. Biasa dijual di berbagai supermarket.

  1. Pisang Raja Sere

Pisang Raja Sere yang berasal dari Purwerejo punya bentuk yang agak sedikit lurus jika dibandingkan dengan pisang raja bulu. Uniknya, kulit pisang jenis ini punya warna kuning dengan rona keputih-putihan.

  1. Pisang Raja Molo

Pisang Raja Molo punya aroma manis & harum ketika sudah matang. Pisang asal Malang ini punya bentuk lurus dengan warna kuning kemerahan saat buahnya sudah matang.

  1. Pisang Raja Uli

Pisang Raja Uli yang berasal dari Bogor tak bisa dimakan langsung. Biasanya jenis pisang ini harus diolah terlebih dahulu. Pisang yang satu ini harum dan manis.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Drumette, Wingette, dan Wing Tip dalam Potongan Sayap Ayam

4. Pisang Kepok

Pisang Kepok

Pisang Kepok juga merupakan salah satu jenis pisang terkenal yang sering dibudidayakan di beberapa pulau seperti Pulau Bali, Jawa, serta Sumatra.

Pisang Kepok punya ciri yang khas. Biasanya bebentuk pendek, padat, berwarna kuning, dan agak sedikit pipih.

Terdapat 2 jenis pisang kepok, yakni Pisang Kepok Putih & Pisang Kepok Kuning.

Pisang kepok putih punya warna daging buah yang cenderung putih. Sementara pisang kepok kuning cenderung berdaging kekuningan.

Keunggulan pisang kepok kuning daripada putih terletak dari segi rasanya yang lebih manis.

Baca Juga: 7 Perbedaan Matcha dan Green Tea, dari Rasa hingga Kandungannya

5. Pisang Nangka

Jenis pisang nangka punya ukuran yang panjang dan besar, sama seperti pisang tanduk. Pisang ini rata-rata berukuran hingga 28 cm.

Punya warna yang unik, yakni berkulit hijau, pisang ini bercita rasa manis dan sedikit asam.

6. Pisang Mas

Pisang mas yang punya ukuran kecil & pendek tergolong ke dalam salah satu jenis pisang yang cukup popular di Indonesia ini.

Warna kulitnya yang kuning cerah dengan rasa super manis & lembut menjadi penarik minat utama dari para pecinta buah pisang.

Itulah berbagai jenis pisang yang popular di Indonesia. Sudah coba semua jenis pisang di atas, belum?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News