Santai

6 Film Horor Indonesia tentang Mitos dan Kepercayaan Kuno di Indonesia

6 Film Horor Indonesia tentang Mitos dan Kepercayaan Kuno di Indonesia

MOMSMONEY.ID - Bagi yang suka menonton film horor, coba tonton rekomendasi film horor Indonesia yang mengangkat kisah mitos dan kepercayaan di Indonesia.

Dalam dunia perfilman Indonesia, ada banyak film horor terus diproduksi dengan cerita menegangkan dan seram.

Salah satu yang populer adalah film horor dengan tema mitos dan kepercayaan asal Indonesia.

Supaya tidak penasaran lagi, simak beberapa rekomendasi beberapa judul film horor Indonesia yang penuh mitos dan kepercayaan lawas ini.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Komedi Horor Populer Dalam dan Luar Negeri

Primbon

Film horor asal Indonesia yang disutradarai oleh Rudy Soejarwo ini kisahnya mengikuti seorang wanita muda yang telah menghilang selama tujuh hari. Namun, secara tiba-tiba ia kembali pulang.

Tetapi anehnya, keluarganya justru malah meragukan jati diri dari wanita tersebut. Film horor menegangkan ini dibintangi oleh Happy Salma, Nugie, dan Flavio Zaviera.

Mangkujiwo 1 & 2

Mangkujiwo adalah film horor yang mengambil tema cerita tentang pesugihan dengan menggunakan kekuatan kuntilanak. Konon, film ini adalah film kelanjutan dari film Kuntilanak yang kembali dilanjutkan di tahun 2020 dan 2023.

Film kedua dari kisah persekutuan manusia dan juga setan ini baru saja dirilis pada Januari 2023. Dalam film ini, Sujiwo Tejo berperan sebagai Brotoseno, pria yang bersekutu dengan setan menggunakan pesugihan.

Baca Juga: 6 Film Ini Sarat Akan Kebudayaan Indonesia Loh

KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari merupakan film horor Indonesia yang menjadi film paling laris di tahun 2022. Disutradarai oleh Awi Suryadi, film ini ternyata juga diangkat dari kisah nyata yang lekat dengan mitos Jawa kuno.

Kisah para mahasiswa yang melakukan KKN di sebuah desa di Jawa Timur ini diangkat dari sebuah thread viral di Twitter pada tahun 2019, yang kemudian diyakini merupakan sebuah cerita nyata.

Kuyang

Adalah film horor Indonesia dari tahun 2024, film Kuyang bisa ditonton di Netflix, ya. Kisah dari film ini bermula ketika sepasang suami istri pindah ke sebuah desa terpencil.

Mereka tinggal di sana untuk bekerja namun harus menghadapi kenyataan menyeramkan. Pasutri ini dihantui oleh sosok supranatural yang sedang mengincar janin mereka.

Baca Juga: 5 Film Horor Original Netflix Terpopuler Wajib Ditonton

Pamali

Film horor Indonesia yang tayang pada 2022 ini kisahnya diangkat dari sebuah video game. Bercerita tentang Jaka yang baru saja kehilangan pekerjaannya dan berniat menjual rumah peninggalan orang tuanya.

Mereka pindah ke sebuah desa kecil dan tanpa sengaja merusak sebuah tradisi masyarakat sekitarnya. Kini, mereka harus berhadapan dengan roh jahat sebagai akibatnya.

Sewu Dino

Merupakan film karya Kimo Stamboel di tahun 2023, film Sewu Dino juga mengandung unsur cerita mitos. Sri ditugaskan melakukan ritual pembersihan untuk Dela Atmojo, gadis tak sadarkan diri yang menderita kutukan 1000 hari.

Teror dimulai ketika temannya lalai menyelesaikan ritualnya. Gagal hingga hari ke 1000 akan mengakibatkan kematian mereka. Film ini dibintangi oleh Mikha Tambayong dan Rio Dewanto.

Nah, itulah tadi ragam rekomendasi film-film horor Indonesia yang ceritanya lekat dengan mitos dan kepercayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News