Keluarga

6 Cara Efektif Hilangkan Bau Bawang di Tangan Bekas Memasak, Moms Wajib Tahu

6 Cara Efektif Hilangkan Bau Bawang di Tangan Bekas Memasak, Moms Wajib Tahu

MOMSMONEY.ID - Apakah Moms kesulitan menghilangkan bau bawang di tangan bekas memasak tadi pagi? Coba beberapa tips berikut ini untuk bisa menghilangkan bau tak sedap tersebut!

Kentang mentah

Kentang mentah bisa hilangkan bau bawang di tangan bekas masak.

Caranya dengan memotong kentang menjadi 2 bagian, kemudian digosokkan ke seluruh tangan dan dilanjutkan dengan sabun serta dibilas air dingin, dikutip dari The Kitchn.

Baca Juga: Anti Bau Apek, Ini 7 Cara Bikin Udara Rumah Beraroma Segar Tanpa Pengharum Udara

Kentang

Makanan yang mudah teroksidasi (seperti kentang mentah & buah apel) yang memiliki enzim polifenol oksidasi bisa mengoksidasi senyawa belerang pada bawang putih.

Senyawa belerang Tiol & Tiosianat inilah yang memberikan bau menyengat pada bawang putih.

Dengan menggosokkan tangan pada kentang mentah, maka senyawa belerang tersebut akan berubah menjadi senyawa tak berbau. Cara ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bebauan lainnya pada talenan kayu.

Baca Juga: 6 Tips Bikin Ayam Ungkep Supaya Bumbunya Lebih Harum dan Meresap

Baja tahan karat

Mengutip dari Better Home and Garden, Meggan Hill, seorang koki eksekutif mengatakan bahwa cara paling efektif hilangkan bau bawang pada tangan ialah dengan menggosokkannya pada sesuatu yang terbuat dari baja tahan karat.

“Bisa jadi bagian dalam wastafel dapur, loyang, sendok, atau peralatan dapur lainnya,” ucap Meggan Hill dalam BHG.

Baja tahan karat adalah paduan dari besi & kromium. Kromium melindungi besi dari karat, serta menciptakan lapisan oksida di permukaan.

Lapisan oksida inilah yang diyakini bereaksi dengan senyawa “allicin” penyebab bau dalam bawang putih yang bertugas “menangkap” bau bawang putih tersebut.

Apapun benda yang terbuat dari baja tahan karat, gosokkanlah tangan pada benda tersebut, kemudian cuci dengan sabun & air.

Baca Juga: Tips Memilih dan Membersihkan Kerang Hidup yang Masih Segar

Jeruk/lemon

Lemon

Seperti yang diketahui banyak orang, jeruk atau lemon memiliki bau khas yang nyatanya bisa hilangkan bau bawang di tangan bekas masak.

Mirip seperti sedang scrub, Moms bisa menambahkan sejumput garam pada jari tangan, kemudian gosokkan potongan jeruk pada jari hingga bau bawang menghilang.

Namun perlu diingat, jangan sampai jari Moms terdapat luka goresan sedikit pun untuk menghindari rasa sakit menggunakan metode ini.

Baca Juga: Mengenal Base Genep, Bumbu Dasar Aneka Masakan Bali Terdiri dari 15 Rempah

Bubuk kopi

Bubuk kopi dikenal sebagai penetral bau apapun, termasuk bau bawang di tangan.

Moms bisa melakukan scrub pada tangan dengan menambahkan 1 sendok bubuk kopi yang ditetesi beberapa tetes air. Eksfoliasi kulit selama 30 detik, kemudian bilas hingga bersih.

bau bawang di tangan

Garam & soda kue

Soda kue dikenal dapat menyerap bau. Sementara garam berfungsi untuk mengelupaskan kulit.

Dengan mencampurkan 1 sendok teh garam dengan 2 sendok teh baking soda, maka Moms sudah bisa menghilangkan bau bawang di tangan bekas memasak.

Baca Juga: Daftar 5 Bahan Makanan yang Bisa Gantikan Fungsi Baking Soda

Jangan lupa tambahkan sedikit air dan gosok-gosok ke seluruh jari selama 30 detik. Bilas dengan sabun serta air dingin. Keringkan dan oles jari menggunakan lotion supaya tangan tidak kering.

Obat kumur

Obat Kumur

Tak cuma menyegarkan bau mulut, obat kumur juga dapat menghilangkan bau bawang di tangan.

Caranya dengan menuangkan 1 tutup penuh obat kumur ke tangan, lalu gosok & dilanjutkan dengan membilasnya hingga bersih.

Metode ini tak direkomendasikan jika Moms memiliki luka goresan karena obat kumur mengandung alkohol yang menimbulkan rasa perih.

Moms, mari ikuti sederet cara menghilangkan bau bawang di tangan bekas memasak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News