Keluarga

6 Tips Bikin Ayam Ungkep Supaya Bumbunya Lebih Harum dan Meresap

6 Tips Bikin Ayam Ungkep Supaya Bumbunya Lebih Harum dan Meresap

MOMSMONEY.ID - Supaya hidangan ayam ungkep lebih tercium aroma sedap dan bumbunya meresap, ada beberapa tips yang bisa Moms ikuti.

Melansir dari Kompas, ungkep ayam merupakan suatu proses membumbui ayam sebelum mengolahnya jadi berbagai hidangan. Biasanya ayam yang telah diungkep bisa dijadikan hidangan ayam bakar, ayam goreng bumbu kuning, hingga ayam panggang.

Berikut Momsmoney merangkum beberapa tips bikin ayam ungkep jadi empuk dan bumbunya meresap sempurna. Melansir dari Maggi, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: 5 Tips Masak Pintar Hilangkan Bau Tanah yang Khas pada Ikan Air Tawar

Bagi jadi beberapa bagian

Tips bikin ayam ungkep jadi empuk dan enak adalah dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Ayam yang ukurannya lebih kecil jauh lebih cepat matang dibandingkan mengungkep ayam utuh.

Selain itu, kerat-kerat badan ayam agar bumbu ungkep jadi lebih mudah meresap ke dalam daging. Mengeratnya membuat ayam jadi lebih mudah empuk dan dapat dengan mudah diketahui tingkat kematangannya.

Ayam Betutu Ungkep Komplit

Baca Juga: 6 Tips Memasak Frozen Food yang Tepat biar Tetap Aman dan Kualitas Tak Menurun

Belah ayam tanpa putus

Pendapat berbeda dikemukakan oleh Pian Gunawan, seorang Executive Chef dari The Alana Hotel & Convention Center Solo.

Ia lebih menyarankan untuk membelah ayam tanpa terputus hingga bentuknya mirip seperti ayam bekakak. Ayam seperti ini menurutnya lebih mudah dioleh & diungkep.

"Tengahnya dibelah, tulang yang lunak kan ada di tengah, itu dilepas saja kalau seandainya tulangnya sudah lepas, tinggal dijepit atau tidak pakai jepitan juga bisa," ucapnya dalam Kompas.com.

Baca Juga: 6 Tips Bikin Sambal Ulek Terasa Lebih Pedas daripada Biasanya, Makin Maknyus!

Rebus sebelum diungkep

Mau bikin ayam ungkep jadi empuk, pulen, dan terasa gurih? Coba rebus dulu sebelum diungkep.

Rebuslah ayam yang ditambahkan dengan sedikit perasan jeruk nipis dalam durasi yang sebentar. Perebusan ini bertujuan agar lemak dan kotoran ayam dapat larut sehingga ayam tak berbau amis.

Ayam Ungkep Bacem Sambal Hijau Cuka

Dengan merebus ayam sebelum diungkep, maka bumbu masakan dapat lebih mudah menyerap ke dalam daging saat proses pengungkepan sedang berlangsung.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Manfaat Keuntungan Lakukan Meal Prep, Jarang Diketahui Loh

Bumbu ungkep harus halus

Agar bikin bumbu ayam ungkep jadi meresap sempurna, pastikan bumbu ungkep yang Moms buat benar-benar halus.

Dibandingkan diblender, lebih disarankan untuk mengulek bumbu ungkep agar minyak alami bumbu dapat keluar dan membuat bumbu ungkepan jadi lebih sedap.

Bumbu ungkep harus ditumis

Setelah bumbu ungkep bertekstur sangat halus, bumbu harus ditumis thingga tercium bau harum & menyengat.

Setidaknya tumis dahulu bumbu selama 10 menit hingga minyak alami bumbu keluar dengan sendirinya. Barulah masukkan ayam ke dalam bumbu.

Baca Juga: Banyak Lalat di Rumah? Usir Lalat Pakai 2 Perangkap yang Mudah Dibuat

Rebus dengan benar

Untuk bikin ayam ungkep jadi empuk, tentu harus melalui tahapan memasak yang sempurna. Untuk itu, Moms harus merebus ayam dengan api yang kecil selama 30-45 menit. Jangan lupa menutup panci agar ayam ungkep lebih cepat matang.

Rebuslah ayam ungkep hingga bumbu mengental dan kulit ayam mengerut.

Itulah beberapa tips bikin ayam ungkep jadi empuk dan bumbunya meresap sempurna hingga ke dalam daging. Bagi Moms yang berencana bikin masakan ayam, coba tips-tips ayam ungkep di atas, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News