Keluarga

6 Cara Bersihkan Wastafel Tanpa Ribet, Tak Bikin Tangan Perih

6 Cara Bersihkan Wastafel Tanpa Ribet, Tak Bikin Tangan Perih

MOMSMONEY.ID - Berikut ini cara membersihkan wastafel tanpa perlu bahan-bahan keras yang bikin tangan jadi perih.

Wastafel merupakan salah satu tempat paling vital di kamar mandi maupun dapur. Pasalnya, wastafel digunakan untuk mencuci segala hal, mulai dari tangan hingga piring.

Karena fungsinya yang beragam, maka jangan heran apabila wastafel hingga kitchen sink sebenarnya adalah sarang kuman. Sebab wastafel menampung banyak kotoran tanpa Anda sadari!

Agar wastafelmu tak dihinggapi banyak kuman, ada sederet cara mudah untuk membersihkannya. Melansir dari Real Simple, Southern Living, dan Sunco, intip artikelnya berikut ini.

Baca Juga: 7 Fungsi Garam yang Bikin Anda Tercengang, Bisa Usir Lalat dan Serangga

Sediakan peralatan

Sebelum mulai membersihkan wastafel, pertama-tama sediakan berbagai peralatan. Peralatan tersebut meliputi sarung tangan, baking soda, sabun, cuka putih, hingga spons bersih.

Lepaskan rubber stopper

Apabila wastafelmu memiliki rubber stopper, maka lepaskan terlebih dahulu agar wastafel lebih mudah dibersihkan.

Bagian bawah rubber stopper tersebut menampung banyak sisa makanan & lemak yang mengendap. Sehingga pilihan satu-satunya ialah dengan merendam & menggosok saluran wastafel secara menyeluruh.

Saluran wastafel pencuci piring

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Hilangkan Bau Terasi yang Menempel pada Wadah

Bersihkan saringan

Cobalah mengecek saringan wastafel. Apakah ada kotoran yang menyumbatnya atau tidak. Jika ada, segera bersihkan dan pasang kembali saringan tersebut ke tempatnya semula

Gunakan cuka

Cuka dapat membersihkan wastafel hingga benar-benar bersih. Cuka tak hanya menghilangkan noda, tapi juga residu yang tertinggal pada seluruh permukaan hingga saluran wastafel.

Anda dapat mencampurkan cuka dengan soda kue hingga soda kue menggelembung. Kemudian gosok perlahan pada perlukaan wastafel dan bilas hingga bau cuka menghilang.

Baca Juga: Jangan Digosok! Ini 3 Cara Tepat Hapus Noda Kopi yang Ada pada Baju atau Jok Mobil

Gunakan soda kue

Bersihkan wastafel menggunakan soda kue. Soda kue masih dianggap cukup lembut & aman jika digunakan pada baja tahan karat & porselen. Bahan abrasive ini juga bagus apabila dipakai untuk menggosok permukaan wastafel.

Caranya, taburkan soda kue ke seluruh permukaan wastafel. Kemudian gosok menggunakan spons dengan gerakan memutar.

Khusus untuk membersihkan saluran pembuangan, maka sediakan ½ cangkir soda kue untuk dibuang ke saluran wastafel, lalu aliri dengan air.

Tips Bersihkan Wastafel

Pakai pemutih

Pemutih juga dapat digunakan untuk membersihkan wastafel. Caranya adalah dengan merendamnya.

Baca Juga: 4 Tips Bersihkan Dinding yang Berjamur Agar Tak Bahayakan Kesehatan Keluarga

Pertama-tama, sumbat wastafel dan penuhi dengan air panas. Tuangkan secangkir pemutih dan aduk secara hati-hati. Biarkan wastafel terendam selama 1 jam lamanya.

Setelah itu, bukalah penyumbat saluran wastafel agar air panas meluruh. Jangan lupa bilas menggunakan air dan sabun.

Demikian berbagai tips mudah membersihkan wastafel hingga ke saluran terdalamnya agar tak ada bakteri hingga sisa makanan yang tersisa. Coba ikuti tips di atas, yuk.

Selanjutnya: Tarif Sewa Mal Tahun Ini Bakal Naik, Ciputra Development (CTRA) Ungkap Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News