Keluarga

7 Fungsi Garam yang Bikin Anda Tercengang, Bisa Usir Lalat dan Serangga

7 Fungsi Garam yang Bikin Anda Tercengang, Bisa Usir Lalat dan Serangga

MOMSMONEY.ID - Siapa bilang garam cuma bisa digunakan sebagai bumbu masakan saja? Nyatanya, ada banyak fungsi garam yang masih belum diketahui oleh banyak orang!

Salah satu fungsi garam yang mencengangkan ialah campuran air garam yang bisa meredakan sengatan lebah karena adanya sifat anti inflamasi & anti histamin.

Untuk mengetahuinya, mari simak aneka fungsi garam yang bikin tercengang, dilansir dari NDTV dan Times of India, selengkapnya.

Baca Juga: Ada Daun Pandan, Ini 4 Bahan Alami untuk Mengatasi Aroma Vagina Tidak Sedap

Bersihkan beauty blender

Beauty blender

Para wanita yang suka makeup wajib tahu. Ternyata beauty blender bisa dibersihkan dalam sekejap oleh garam!

Caranya isi mangkuk dengan air & 1 sdt garam. Kemudian rendam beauty blender ke mangkuk berisi air, lalu pindahkan ke dalam microwave selama 1 mnit.

Keluarkan mangkuk & biarkan terendam selama 15 menit, peras, dan cuci beauty blender. Kini beauty blender sudah bersih total!

Mencegah warna baju memudar

Tahukah Anda, sebenarnya garam memiliki fungsi untuk mencegah warna baju memudar, lho!

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu merendam pakaian ke dalam air garam. Rendamlah pakaian tersebut selama 1 jam & bilas sampai bersih.

Anda juga dapat menambahkan sedikit garam bersama deterjen setiap kali akan mencuci. Cara ini akan membantu warna pakaian & mencegah warnanya luntur.

Baca Juga: Tips Hilangkan Noda Kopi Tanpa Sisakan Bekas Residu Kuning Pada Baju

Menghilangkan bau telur yang menyengat

masak telur

Pernahkah Anda tak sengaja menjatuhkan telur mentah ke lantai hingga berceceran? Jika pernah, Anda wajib membaca tips yang satu ini.

Telur mentah yang pecah di lantai bisa dengan mudah dibersihkan menggunakan garam. Sebab garam membantu telur mentah yang berceceran menjadi lebih kental agar dapat disendok, karena sifatnya yang dapat menyerap cairan.

Selain itu, fungsi garam juga membantu menghilangkan bau amis pada lantai bekas telur yang berceceran.

Baca Juga: Ini Penyebab Mesin Pengering Baju Terasa Panas Saat Disentuh

Mengecek tingkat kesegaran telur

Mengecek kesegaran telur bisa menjadi salah satu fungsi garam yang tersembunyi.

Melansir Times of India, caranya dengan mengambil 2 gelas air & 1/2 sdt garam ke masing-masing gelas, kemudian aduk rata. Masukkan 1 butir telur ke dalam masing-masing gelas dan lihatlah yang terjadi.

Apabila telur segar, maka telur akan tenggelam & mengendap di dasar. Namun jika telur mengapung di atas, maka indikasi kuat telur telah basi.

Sembuhkan gatal tenggorokan

Fungsi garam yang satu ini telah banyak diketahui, yakni menenangkan tenggorokan yang sedang gatal/batuk.

Akan lebih baik jika air garam ditambahkan dengan sejumput kunyit yang bersifat anti inflamasi agar infeksi tenggorokan bisa segera sembuh.

Baca Juga: Cara Mengusir Nyamuk dan Lalat Secara Alami dengan Bahan Ini

Mengusir lalat & serangga

Lalat Buah

Fungsi garam juga dapat mengusir lalat & serangga. Melansir NDTV, garam dapat mengeringkan cairan tubuh pada serangga sehingga membuatnya jadi dehidrasi. Garam juga membunuh kuman & hama di dalam tubuh serangga.

Caranya, rebus air garam & taburkan ke sekeliling. Maka ini akan menurunkan risiko kontaminasi bakteri pada lingkungan rumah Anda, terutama makanan.

Baca Juga: Wajah Kucing Disengat Lebah? Obati dengan Lakukan Pertolongan Pertama Ini

Redakan sengatan lebah

Jika anda tak sengaja terkena sengatan lebah, coba atasi rasa sakitnya dengan merendam kulit dengan air garam. Sebab sifat anti inflamasi & anti histamin dalam air garam membantu mengurangi pembengkakan.

Selain itu, air garam juga meredakan iritasi pada kulit.

Itulah berbagai fungsi garam yang bikin tercengang. Nyatanya, garam tak cuma bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan saja, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News