Keluarga

Jangan Digosok! Ini 3 Cara Tepat Hapus Noda Kopi yang Ada pada Baju atau Jok Mobil

Jangan Digosok! Ini 3 Cara Tepat Hapus Noda Kopi yang Ada pada Baju atau Jok Mobil

MOMSMONEY.ID - Menghapus noda kopi cukup sulit dilakukan. Pasalnya, kopi memiliki warna yang pekat dengan bau yang begitu khas.

Anda perlu tahu bahwa menghapus noda kopi dengan cara digosok adalah salah besar. Ini hanya akan membuat noda kopi semakin menyebar pada bagian kain yang tak terkena noda sebelumnya.

Lantas, cara apa sih yang ampuh untuk menghapus noda kopi pada berbagai tempat? Melansir dari laman Eldorado coffee, Nespresso, dan Merlo, intip tips-tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: Cara Efektif Bersihkan 6 Jenis Noda Berbeda dari Minyak-Tinta Pada Pakaian

Noda kopi di baju

Noda kopi adalah salah satu noda yang paling sulit untuk dibersihkan. Jika kopi tumpah ke baju, maka bertindaklah sesegera mungkin.

Carilah keran dan alirkan baju yang terkenda noda pada aliran air, tapi ingat jangan pernah menggosoknya baik dengan tangan maupun tisu. Ini hanya akan membuat noda menyebar dan semakin mengikat.

Alirkan air dari bagian belakang kain agar noda dapat terdorong keluar. Lakukan sampai air aliran yang mendorong noda kopi pada baju berubah warna menjadi jernih. Cara ini sangat ampuh membuat noda kopi sebagian besar menghilang.

Tapi jika belum terlalu berhasil, Anda bisa mencucinya dengan air hangat/panas.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Hilangkan Bau Terasi yang Menempel pada Wadah

Noda kopi di karpet

Sama seperti sebelumnya, menghilangkan noda kopi pada karpet akan lebih mudah jika dilakukan serba cepat. Anda bisa menghilangkannya hanya dengan membilasnya menggunakan pasta gigi.

Tapi pastikan pasta giginya berwarna putih. Pasta gigi ini akan bertindak seperti eksfoliator yang dapat mengikis noda kopi. Cukup gosokkan pasta gigi pada permukaan noda. Ulangi jika perlu.

Cara lain juga bisa dilakukan memakai soda kue. Campurkan soda kue dengan sedikit air hingga teksturnya berbentuk kental seperti pasta. Gosokkan pada noda sampai noda kopi jadi hilang. Bilas area tersebut dengan air dingin dan keringkan.

Baca Juga: 6 Langkah Bersihkan Dispenser Sendiri Agar Terhindar dari Bakteri

Noda kopi pada jok mobil

Kopi yang tumpah ke jok mobil adalah hal paling menyebalkan karena baunya akan cepat menyebar ke seluruh mobil. Untuk itu, Anda perlu segera membersihkannya dengan cara yang satu ini.

Serap cairan kopi yang berlebihan pada jok mobil dengan handuk kertas ataupun lap. Ulangi langkah ini hingga cairan kopi terserap banyak.

Baca Juga: Spons Cuci Piringmu Bau? Intip Cara Efektif Hilangkan Bau pada Spons Cuci Piring

Setelah itu oleskan air dingin ke atas noda menggunakan handuk kertas baru. Tahan selama beberapa detik. Serap kembali menggunakan handuk kertas kering. Cara ini akan membuat noda kopi menghilang.

Selain membersihkannya dengan handuk kertas, Anda juga bisa membersihkan jok mobil yang terkena noda kopi menggunakan pasta gigi ataupun soda kue seperti cara membersihkan noda kopi di karpet sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News