Bugar

5 Resep Tradisional Ramuan untuk Kolesterol yang Bisa Anda Coba

5 Resep Tradisional Ramuan untuk Kolesterol yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Tentu Anda sudah tahu bahwa kolesterol tinggi tanpa diobati dapat memicu penyakit lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Selain menggunakan obat-obatan resep dokter, sebagian orang lebih memilih menggunakan pengobatan tradisional. Ramuan untuk kolesterol adalah alternatif pengobatan tradisional tersebut.

Menyadur dari laman Halo Sehat, inilah 5 resep tradisional ramuan untuk kolesterol yang dapat Anda konsumsi:

1. Ramuan sambiloto

Sambiloto dikenal dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Rebus 20 gram sambiloto kering dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas, dinginkan, saring, dan minum segera.

2. Ramuan kunyit

Kunyit, yang juga bermanfaat untuk melancarkan haid, dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol. Siapkan 10 gram rimpang kunyit, potong dan iris tipis, rendam dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, dinginkan, saring, dan konsumsi tiga kali sehari.

Baca Juga: Ciri-ciri Kolesterol di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

3. Ramuan akar manis

Akar manis dikenal karena khasiatnya dalam menurunkan kolesterol berkat kandungan flavonoid, asam ferulic, biolin, asam amino, dan triterpenoid. Untuk memanfaatkannya, ambil 10 gram akar manis yang sudah dibersihkan, rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa separuhnya, dinginkan, saring, dan konsumsi dua kali sehari secara teratur.

4. Ramuan daun salam

Daun salam terkenal tidak hanya dapat mengurangi kolesterol tetapi juga asam urat. Ramuan ini dibuat dengan merebus 10 lembar daun salam, 4 batang serai, dan 5 lembar daun dewa dengan tiga gelas air hingga tersisa dua gelas. Konsumsi hasil rebusan ini dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

5. Ramuan seledri

Seledri kaya akan zat-zat penting seperti glutamine, tirosin, zat pati, dan minyak atsiri yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Siapkan 30 gram akar seledri, rebus dengan dua gelas air sampai tersisa setengahnya, dinginkan, saring, dan konsumsi dua kali sehari.

Nah, itulah kelima resep tradisional ramuan untuk kolesterol yang bisa Anda coba. Dengan mencoba salah satu atau beberapa resep ramuan tradisional di atas, Anda bisa menemukan cara alami untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, ingatlah untuk selalu konsultasi dengan dokter sebelum mencoba resep herbal apa pun, terutama jika Anda sedang menjalani pengobatan medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News