Keluarga

5 Tips Mengatur Keuangan Setelah Lebaran biar Tidak Minus, Terapkan Ya!

5 Tips Mengatur Keuangan Setelah Lebaran biar Tidak Minus, Terapkan Ya!

MOMSMONEY.ID - Catat dan terapkan, inilah 5 tips mengatur keuangan setelah Lebaran.

Lebaran merupakan salah satu momen spesial dan paling ditunggu-tunggu khususnya oleh umat Islam.

Namun, tak dapat dipungkiri jika momen yang satu ini kerap menguras dompet entah itu untuk biaya mudik, menyiapkan hantaran, membeli baju baru, menyiapkan open house, maupun menyiapkan angpao untuk dibagikan ke saudara.

Nah, untuk mencegah boncos usai merayakan hari kemenangan, ada 5 tips mengatur keuangan setelah Lebaran dari Otoritas Jasa Keuangan yang sebaiknya Anda terapkan sebagai berikut:

Baca Juga: Kurangi Konsumsi Gula Sejak Sekarang, Ini Manfaat yang Didapatkan!

1. Periksa kondisi keuangan Anda saat ini

Tips mengatur keuangan setelah Lebaran yang pertama yaitu memeriksa kondisi keuangan Anda saat ini.

Lakukanlah evaluasi serta pencatatan pengeluaran sebelum dan selama Lebaran guna mengetahui penyebab pengeluaran Anda menjadi berlebihan. Setelah itu, Anda bisa mulai mengganti pos-pos yang terpakai.

Apabila Anda memakai dana darurat, lakukan juga evaluasi pada pos ini perihal berapa besar dana yang telah terpakai untuk kemudian diganti. Hasil evaluasi ini juga dapat menjadi acuan untuk Lebaran tahun berikutnya agar tidak mengganggu kondisi keuangan Anda setelah Lebaran.

2. Segera lunasi utang konsumtif

Tips mengatur keuangan setelah Lebaran yang kedua yaitu segera melunasi utang konsumtif. Apabila menjelang atau selama Lebaran Anda menggunakan kartu kredit atau memiliki cicilan lainnya, maka hal penting yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membayar tagihan utang tersebut sesegera mungkin.

Pastikan semua utang konsumtif segera Anda lunasi. Jangan menunda-nunda untuk melunasinya karena semakin ditunda akan semakin berat pula beban Anda di bulan-bulan berikutnya.

Membayar utang sesuai dengan kemampuan harus dilakukan secara konsisten. Ini dilakukan untuk membantu pemulihan kondisi finansial setelah Lebaran.

3. Mulai menabung dan menyusun anggaran kembali

Tips mengatur keuangan setelah Lebaran yang ketiga yaitu mulai menabung dan menyusun anggaran kembali.

Mulailah mengisi kembali tabungan Anda menjelang libur Lebaran usai. Agar terhindar dari godaan untuk menghabiskan uang, sebaiknya Anda menyisihkan dana tabungan terlebih dahulu alih-alih menabungkan pengeluaran yang masih tersisa.

Kemudian, susun kembali anggaran untuk bulan berikutnya dan jangan mengulangi kesalahan yang sama.

Baca Juga: Ini Fitur dan Langkah Keamanan di Aplikasi Gojek

4. Prioritaskan kebutuhan utama

Tips mengatur keuangan setelah Lebaran yang keempat yaitu memprioritaskan kebutuhan utama.

Selalu ingat untuk memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu ya, Moms. Sebaliknya, dana-dana yang akan digunakan untuk pos yang kurang penting bisa Anda alihkan dulu sepenuhnya ke hal-hal yang lebih utama.

Untuk beberapa bulan ke depan sampai kondisi keuangan Anda pulih, hindarilah berbelanja barang-barang yang tidak diperlukan dan melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat misalnya nongkrong. Sebagai gantinya, kembalilah bekerja, mengumpulkan uang, perketat anggaran belanja, dan berhematlah. Intinya, tanamkan dalam pikiran bahwa kondisi keuangan Anda saat ini sedang dipulihkan. 

5. Siapkan pos pengeluaran jangka panjang

Tips mengatur keuangan setelah Lebaran yang terakhir yaitu menyiapkan pos pengeluaran jangka panjang.

Walaupun Anda sedang berusaha memulihkan keuangan setelah Lebaran, namun pastikan Anda tidak lupa menyiapkan dana untuk pengeluaran jangka panjang ya Moms.

Dengan menyiapkan dana untuk pengeluaran jangka panjang, itu dapat membantu kesiapan finansial Anda di masa depan.

Demikian 5 tips mengatur keuangan setelah Lebaran yang bisa Anda catat dan terapkan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News