AturUang

Tips Atur Keuangan Bagi Anda yang Gemar Koleksi Merchandise Artis

Tips Atur Keuangan Bagi Anda yang Gemar Koleksi Merchandise Artis

MOMSMONEY.ID -Bagi mereka yang masih berjiwa bebas, memang tak segan-segan untuk mengeluarkan uang buat membeli merchandise artis.

Namun, Shierly, perencana keuangan dari Finansialku, mengingatkan, untuk tetap mengatur anggaran. Jangan sampai gara-gara hobi mengoleksi merchandise, keuangan lain justru terganggu.

Shierly memberikan tiga tips dalam menekuni hobi mengoleksi merchandise artis.

Pertama, sisihkan uang untuk membeli merchandise setelah kewajiban dan kebutuhan. "Kalau kewajiban tidak dibayar, kita tidak bisa hidup dan tak produktif," tegasnya.

Selain itu, juga harus menyisihkan uang untuk investasi. Investasi untuk mencapai tujuan keuangan karena tentu tetap butuh modal untuk mempersiapkan masa depan.

Baca Juga: Begini Cara Kelola Uang THR untuk Kirim Hampers & Liburan

"Dan, hindari utang untuk membeli barang-barang koleksi ya," imbuh Shierly.

Kedua, membuat batas. Menurut Shierly, hal baik apapun jika dilakukan berlebihan akan menjadi kurang baik. Misalnya, ingin mengoleksi merchandise sampai berapa banyak, setiap bulan maksimal mau belanja berapa produk, dan nominal berapa. Lantas, pikirkan juga mau koleksi sampai kapan.

Ketiga, pilih merchandise koleksi yang ada nilainya jika dijual kembali.

"Kolektor biasanya memiliki niche market seperti fans club atau sesama kolektor," kata Shierly.

Dengan bergabung dalam komunitas sesama kolektor atau penggemar, Anda bisa tahu, barang merchandise apa yang diminati. Bahkan, bisa mengetahui harganya pula. Jangan sampai ketika membeli barang, harga yang Anda beli lebih mahal dari harga pasaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News