AturUang

Lima Tips Atur Keuangan Untuk Konser

Lima Tips Atur Keuangan Untuk Konser

MOMSMONEY.ID –  Konser musik mulai membanjir di tahun 20233 dan 2023 ini, baik musisi dari dalam negeri maupun luar negeri gencar bikin konser di Tanah Air. Alhasil, banyak masyarakat rela mengalokasikan sebagian dana mereka untuk menonton musisi kesayangan secara langsung.

Agar kantong tidak bolong, Bank DBS Indonesia punya beberapa tips cerdik untuk atur keuangan Anda  tetap aman dengan tenang bisa menikmati konser. Berikut lima tips dari Bank DBS Indonesia untuk atur keuangan Anda :

  1. Ketahui rincian dana yang dibutuhkan

Pertama-tama buat rincian dana yang Anda butuhkan. Pastikan Anda telah mengetahui dengan jelas berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk tiket konser, transportasi ke negara tujuan, akomodasi selama berada di sana, serta uang tambahan untuk jalan-jalan hingga membeli souvenir dan jajanan.

Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, Anda bisa menikmati momen berharga ini tanpa perlu khawatir tentang kendala keuangan di tengah-tengah perjalanan. Jangan lupa untuk tetap bijak dalam menggunakan uang dan sisihkan sebagian dana untuk hal-hal yang tidak terduga. 

Baca Juga: 6 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Berhubungan Seks, Ada Semangka!

  1. Sedia payung sebelum hujan

Seringkali kegagalan dalam melakukan suatu perjalanan terjadi karena kurangnya perencanaan dari jauh-jauh hari. Oleh karena itu, penting untuk mengubah mindset.

Jangan menunggu sampai idol-mu datang baru mempersiapkan dana konser, sebaliknya, mulailah menabung sedini mungkin, bahkan sebelum pengumuman konser itu datang.

Anda juga dapat menyiasati hal ini dengan cara membagi dana ke beberapa tabungan terpisah. Dengan ini, Anda akan lebih mudah dalam memisahkan uang untuk keperluan sehari-hari dengan konser sehingga uang yang ada di dalam masing-masing tabungan tidak terpakai untuk keperluan-keperluan lain.

  1. Carilah penghasilan tambahan

Selain menabung, Anda juga bisa mencari penghasilan lebih yang dapat membantu Anda untuk mengumpulkan uang tiket konser dengan lebih cepat.

Dana tambahan ini pun dapat Anda gunakan untuk menikmati transportasi dan akomodasi yang lebih bagus, sehingga perjalanan semakin nyaman.

Anda bisa melakukan beberapa alternatif untuk mencari penghasilan tambahan, seperti melakukan kerja paruh waktu (part-time job), freelance, atau menjual barang-barang preloved.

  1. Ubah transaksimu menjadi cicilan

Apabila Anda harus langsung membayar tiket konser, pesawat, hotel, dan lain-lain di muka pasti akan terasa berat.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan fitur cicilan di perbankan digitalmu agar pengeluaran terbagi selama beberapa bulan. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah dan fleksibel dalam mengelola pengeluaran bulanan sekaligus mempertahankan arus kas yang lebih baik. 

Baca Juga: Bitcoin Naik Paling Tinggi Sepanjang Oktober, Pasar Saham dan Obligasi Tertekan

  1. Manfaatkan berbagai diskon dan promo

Siapa, sih, yang bisa menolak diskon dan promo? Supaya pengeluaran lebih hemat, Anda harus rajin menelusuri berbagai sumber informasi termasuk situs web perjalanan hingga aplikasi pemesanan hotel.

Sebelum membuat keputusan, jangan lupa bandingkan harga dari beberapa penyedia dan bila memiliki kode promo, Anda juga dapat memasukkannya pada saat pembayaran.

Kalau Anda memiliki kartu kredit, beberapa bank pun memiliki program promo, poin rewards, serta mileage travel yang bisa Anda tukarkan dengan diskon bahkan penerbangan gratis, lho!

 

Bagi nasabah Bank DBS Indonesia, tips di atas bisa Anda lakukan dengan bantuan fitur-fitur oleh digibank by DBS yang baru-baru ini memperkenalkan kampanye #JalaniCerdikmu.

Untuk membantu Anda memilah alokasi dana tabungan sesuai dengan tujuan keuangannya masing-masing, digibank by DBS memiliki fitur Dompet Maxi yang memungkinkan nasabah membuat hingga 20 dompet berbeda dan mempersonalisasi penamaannya sesuai kebutuhan.

Selain itu, dana yang Anda simpan dalam Dompet Maxi saat ini juga bisa mendapatkan bunga hingga 7% per tahun lewat program Maxi Booster, sehingga bunga tersebut bisa Anda investasikan kembali dengan nominal terjangkau mulai dari Rp 100.000 di 120+ produk investasi yang tersedia di digibank by DBS.

Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Erline Diani mengatakan digibank by DBS telah melakukan serangkaian riset dan melalui penemuan-penemuan dalam riset tersebut. Bank DBS Indonesia memahami bahwa masyarakat seringkali memiliki dilema antara mengejar kebahagiaan saat ini atau mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News