Bugar

5 Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat yang Wajib Dicoba

5 Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat yang Wajib Dicoba

MOMSMONEY.ID - Ada apa saja rekomendasi sayuran penurun kolesterol dan asam urat? Berikut ini beberapa di antaranya.

Kolesterol tinggi dan asam urat merupakan dua kondisi kesehatan yang memerlukan perhatian serius karena dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung. Untungnya, perubahan pola makan dan gaya hidup, termasuk konsumsi sayuran tertentu, dapat membantu mengelola dan menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

Merujuk dari laman Eat This, berikut ini adalah lima sayuran yang terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol dan asam urat, yang wajib dicoba.

Baca Juga: Dikenal Tidak Bergejala, Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Cara Ini

1. Bayam

Bayam merupakan sumber folat, vitamin K, dan antioksidan yang kaya, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah akumulasi asam urat. Kandungan seratnya yang tinggi juga membantu mengurangi penyerapan kolesterol.

Selain itu, bayam mengandung nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah dan memberikan manfaat kardiovaskular tambahan bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

2. Brokoli

Brokoli kaya akan serat larut dan antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid, yang berperan dalam menurunkan kolesterol LDL dalam darah. Tak hanya itu, brokoli mengandung sulforaphane, sebuah senyawa yang telah ditunjukkan untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan memiliki efek positif dalam mengurangi kadar asam urat.

Baca Juga: Stres Menyebabkan Kolesterol Tinggi, Benarkah? Ini Penjelasannya!

3. Kembang kol

Mirip dengan brokoli, kembang kol merupakan anggota keluarga cruciferous yang kaya akan serat dan vitamin C. Serat dalam kembang kol membantu mengurangi kolesterol dengan mengikat asam empedu di usus, yang kemudian diekskresikan dari tubuh.

Kondisi tersebut memaksa tubuh untuk menggunakan kolesterol yang ada untuk membuat lebih banyak asam empedu, yang pada akhirnya mampu mengurangi kadar kolesterol darah.

4. Asparagus

Asparagus merupakan sumber yang kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat, dan nutrisi esensial yang berkontribusi pada kesehatan jantung. Dengan kandungan folat yang tinggi, asparagus berperan dalam mengurangi tingkat homosistein di dalam tubuh, suatu faktor yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan memperbaiki sirkulasi darah.

Baca Juga: Daftar Minuman Penurun Kolesterol Tinggi, Sudah Coba?

5. Seledri

Seledri dikenal karena kandungan antioksidannya dan efek diuretiknya, yang dapat membantu dalam mengurangi kadar asam urat dengan meningkatkan produksi urin dan memfasilitasi pembuangan asam urat.

Selain itu, seledri juga mengandung phthalides, senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol dengan merelaksasi dinding pembuluh darah dan mengurangi produksi kolesterol di hati.

Memasukkan sayuran ini ke dalam menu harian dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi Anda yang berusaha mengelola kadar kolesterol dan asam urat. Meskipun sayuran ini dapat mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkait, Anda juga harus mengimbangi dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News