Keluarga

5 Negara Pengonsumsi Mie Instan Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Kedua!

5 Negara Pengonsumsi Mie Instan Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Kedua!

MOMSMONEY.ID - Kepopuleran mie instan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Lantas, negara mana sajakah yang memegang tahta sebagai pemakan mie instan terbanyak di dunia?

Di benua Asia sendiri, menurut laporan AllKpop, pasar mie instan semakin meningkat karena adanya Hallyu wave. Para bintang Kpop ini dilaporkan telah menyebarkan kepopuleran salah satu merek mie, yakni Samyang, ke seluruh dunia terutama di wilayah Asia.

Menurut The Investor Vietnam, pangsa pasar mie instan terbesar di dunia dipegang oleh China, kemudian diikuti oleh Indonesia dan Vietnam di urutan kedua dan ketiga.

Baca Juga: 7 Jenis Mie Terlaris dan Terpopular di Dunia, Sudah Coba Semua?

Perusahaan global di industri mie instan

Semakin banyak orang yang mengonsumsi mie instan, semakin besar pula penjualan yang dilakukan.

Tercatat ada 3 perusahaan raksasa di industri mie instan yang menjual produk mie secara global. Ketiga perusahaan ini adalah Nissin Foods Holdings, PT Indofood Sukses Makmur, dan Nestle.

Menurut Yahoo Finance, Nissin yang berbasis di Jepang menjual merek Chicken Ramen, Cup Noodle, Cup Noodles Chicken, Demae Iccho, dan 365 Noodles.

PT Indofood Sukses Makmur yang berbasis di Indonesia merupakan perusahaan makanan & mie yang menghadirkan merek mie terpopuler dunia, yakni Indomie.

Sementara Nestle yang beroperasi di Swiss menghadirkan merek mie instan yang juga tak kalah terkenal, yakni Maggi.

Baca Juga: Perbedaan 3 Jenis Mie Terkenal Asal Asia: Bihun, Soun dan Misoa

Daftar negara pemakan mie instan terbanyak di dunia

1. China

Mengonsumsi 45,07 miliar bungkus mie per 31 Desember 2022

China merupakan rumah terbesar bagi industri mie di dunia karena menyumbang sebanyak 40% dari populasi global.

Seiring berjalannya waktu, permintaan terhadap industri mie di China mengalami pergeseran dari mie biasa menjadi tren mie sehat yang terbuat dari quinoa maupun tepung gandum utuh.

Mie Instan

2. Indonesia

Mengonsumsi 14,26 miliar bungkus mie per 31 Desember 2022

Melansir dari Insider Monkey, Indonesia disebut sebagai pemakan mie terbanyak kedua di dunia. Permintaan tahunannya sebanyak 14,26 miliar porsi, terhitung pada 31 Desember 2022.

Baca Juga: Nasi Padang vs Nasi Kapau: Beda Isian Menu, Rasa, hingga Tata Letak Masakan

Merek mie instan paling terkenal di dunia, Indomie, yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur telah memasakan produknya hingga lebih dari 90 negara di dunia.

Karena besarnya minat pada industri mie, Samyang Foods bahkan berencana berinvestasi sebesar $3,412 miliar pada anak perusahaannya yang bernama Samyang Foods Indonesia.

3. Vietnam

Mengonsumsi 8.48 miliar bungkus mie per 31 Desember 2022

Sebagai negara pemakan mie terbanyak ketiga di dunia, Vietnam melaporkan permintaan mie tahunan sebesar 8,48 miliar.

Uniknya, masyarakat Vietnam lebih menyukai jenis mie berbentuk pipih & kecil. Hidangan mie yang populer pun di antaranya ada mie gelas (Mien), Pho, banh canh, hu tieu, dan banh da.

Baca Juga: Daftar 5 Jenis Hidangan Mie Dingin Ala Korea, dari Naengmyeon hingga Makguksu

4. India

Mengonsumsi 7.58 miliar bungkus mie per 31 Desember 2022

Setelah mengalahkan China sebagai penduduk dengan populasi terbesar di dunia di tahun 2023, India dilaporkan menempati urutan keempat sebagai negara pemakan mie instan terbanyak di dunia.

Berdasarkan data melalui Insider Monkey, industri mie instan di India diperkirakan akan tumbuh dari sebesar $1,84 miliar di tahun 2023 menjadi $3,48 miliar di tahun 2028, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 13,69%.

Baca Juga: 7 Makanan Korea Utara Paling Menarik yang Wajib Dicoba, Sudah Tahu Belum?

5. Jepang

Mengonsumsi 5,98 miliar bungkus mie per 31 Desember 2022

Jepang adalah negara pemkn mie terbanyak kelima di dunia. Ukuran pasar mie di Jepang diperkirakan akan tumbuh dari $7,34 miliar di tahun 2021, menjadi $9,44 miliar di tahun 2030.

Masyarakat Jepang juga sangat menyukai mie kuah sehingga rata-rata kedai ramen di Jepang menawarkan mie kuah.  Kini mie kuah hadir lebih bervariasi dengan pilihan vegan & bebas gluten kepada konsumen.

Itulah deretan negara pemakan mie terbanyak di dunia. Apakah anda juga termasuk salah satu penggemar mie instan?

Selanjutnya: Jadwal BRI Liga 1 Pekan ke-21, Jumat (1/12) - Selasa (5/12)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News