Keluarga

Perbedaan 3 Jenis Mie Terkenal Asal Asia: Bihun, Soun dan Misoa

Perbedaan 3 Jenis Mie Terkenal Asal Asia: Bihun, Soun dan Misoa

MOMSMONEY.ID - Serupa tapi tak sama, ketiga jenis mie: bihun, soun dan misoa seringkali terbalik mengenalinya, karena punya bentuk yang sekilas mirip. Tapi ternyata, ketiganya punya perbedaan yang cukup mencolok.

Ketiga jenis mie yang populer di wilayah Asia ini sebenarnya sering muncul di berbagai masakan khas nusantara. Dari soto hingga bakso, semua hidangan ini pasti menggunakan salah satu dari ketiga jenis mie tersebut.

Agar Anda tak terbalik membedakan ketiganya, simak perbedaan jenis mie bihun, soun dan misoa, berikut ini.

Soun

Soun

Soun atau mie kaca alias mie plastik merupakan jenis mie yang punya warna putih cenderung transparan, bertekstur kering dan keras, serta bentuknya tipis mirip benang.

Berkebalikan dengan versi mentahnya, soun yang sudah matang biasanya cenderung punya warna transparan dan mudah patah.

Baca Juga: Perbedaan 2 Pizza Klasik Asal Italia: Pizza Neapolitan vs Pizza Margherita

Melansir Kompas.com, soun atau yang punya nama lain sebagai Glass Noodle merupakan jenis mie yang mengandalkan isolasi pati dari sumber bahan baku yang digunakan.

Bahan bakunya pun cukup beragam. Bisa terbuat dari tepung tapioka, pati ubi jalar, kentang, singkong, maupun pati kacang hijau.

Soun yang cenderung lebih mudah menyerap rasa masakan sehingga biasanya cocok untuk berbagai olahan tumisan seperti tumis soun kecap hingga makanan berkuah seperti tekwan dan bakso kuah.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Drumette, Wingette, dan Wing Tip dalam Potongan Sayap Ayam

Bihun

Bihun

Melansir dari Tribunnews, bihun atau yang memiliki nama lain Rice Noodle/Rice Vermicelli/Rice Sticks merupakan jenis mie yang terbuat dari tepung beras, memiliki warna putih cenderung kusam, dan teksturnya tak setipis soun.

Saat sudah matang, tekstur bihun tidak licin dan tidak mudah putus seperti soun.

Bihun paling umum diolah menjadi hidangan bihun goreng. Cara memasaknya cukup direbus setengah matang, kemudian ditumis bersama kecap dan aneka irisan sayuran.

Baca Juga: 7 Perbedaan Matcha dan Green Tea, dari Rasa hingga Kandungannya

Misoa

Misoa Sup Oyong

Baca Juga: Spring Rolls vs Egg Rolls vs Summer Rolls, Inilah Perbedaan Sederet Lumpia Khas Dunia

Jika bihun dan soun memiliki warna putih cenderung sedikit transparan, maka misoa memiliki warna putih.

Misoa terbuat dari tepung gandum/tepung terigu dan memiliki tekstur super lembut. Jenis mie ini berasal dari wilayah Fujian, China.

Karena tekstur mie ini lebih lembut daripada soun ataupun bihun, maka misoa cenderung lebih cepat matang. Misoa juga lebih cocok disajikan sebagai hidangan berkuah seperti Sup Oyong Misoa.

Itulah perbedaan ketiga jenis mie: bihun, soun dan misoa yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News