Keluarga

5 Manfaat Daun Pisang yang Jarang Orang Tahu, Ada Polifenolnya Lho!

5 Manfaat Daun Pisang yang Jarang Orang Tahu, Ada Polifenolnya Lho!

MOMSMONEY.ID - Daun pisang nyatanya punya banyak manfaat yang baik untuk makanan & juga tubuh.

Kelebihan daun pisang ini juga tak cuma sebagai pembungkus makanan saja, loh.

Untuk tahu berbagai manfaat daun pisang yang jarang orang tahu, MomsMoney akan membahasnya melalui artikel yang berikut ini. Melansir dari Bola Deli dan Patom, selengkapnya.

Baca Juga: Daftar Buah dan Sayuran yang Tak Boleh Disimpan Bersama, Bikin Cepat Busuk

Anti air

Daun pisang adalah daun yang multi fungsi. Daun yang satu ini bisa dijadikan pembungkus makanan, terutama nasi-nasian.

Manfaat daun pisang sebagai bahan pembungkus makanan juga difungsikan sebagai pembungkus makanan semi kuah atau makanan yang memiliki kuah sedikit karena di dalamnya terdapat lapisan lilin yang bersifat anti air.

Aroma lebih wangi

Hampir kebanyakan makanan tradisional Indonesia dibungkus menggunakan daun pisang. Kelebihan daun pisang sebagai bahan pembungkus makanan tentu karena aromanya yang wangi dan kuat.

Apabila makanan panas dibungkus ke dalam daun pisang, maka lapisan lilin yang terdapat pada daun pisang tersebut akan meleleh dan melepaskan aroma dan rasa yang unik ke dalam makanan.

Baca Juga: 6 Perbedaan Chia Seed dan Biji Selasih dalam Dunia Kuliner

Antioksidan

Terdapat senyawa nabati yang terkandung di dalam daun pisang, namanya adalah polifenol. Polifenol ini merupakan senyawa nabati yang memiliki sifat antioksidan.

Daun Pisang

Membungkus berbagai makanan dalam daun pisang memungkinkan polifenol yang bersifat antioksidan terserap pada makanan, sehingga membantu membuat makanan Anda jadi sehat dan penuh antioksidan yang dapat menangkal penyakit.

Inilah yang menjadi kelebihan daun pisang sebagai bahan pembungkus makanan yang jarang diketahui.

Baca Juga: Jenis Pisang Paling Popular di Indonesia, Ada yang Manis hingga Asam lo

Organik & ramah lingkungan

Salah satu kelebihan daun pisang sebagai bahan pembungkus makanan adalah bahannya yang organik. Karena daun pisang dihasilkan dari pohon pisang, maka daun pisang tergolong ke dalam jenis bahan pembungkus makanan yang mudah diuraikan di tanah.

Dengan seringnya para penjual makanan memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus makanan, maka akan membantu bumi jadi lebih sehat karena tak harus menampung plastik yang sulit diuraikan.

Baca Juga: 7 Kuliner Asli Nusantara dari Sabang-Merauke, Wajib Dicoba di Momen Kemerdekaan

Bebas bahan kimia

Manfaat daun pisang sebagai bahan pembungkus makanan tentunya karena bahannya yang alami. Bahan alami ini bebas dari aneka bahan kimia berbahaya yang terdapat pada Styrofoam ataupun plastik ketika sedang membungkus makanan panas.

Itulah beberapa manfaat daun pisang sebagai bahan pembungkus makanan. Mulai sekarang, mari beralih dari pembungkus makanan seperti styrofoam dan plastik ke daun pisang yang lebih ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News