Keluarga

5 Makanan & Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Dehidrasi

5 Makanan & Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Dehidrasi

MOMSMONEY.ID - Jika Moms mengalami dehidrasi, ini makanan dan minuman yan sebaiknya Anda konsumsi.

Melansir Healthline, dehidrasi adalah kondisi di mana cairan tubuh Anda lebih banyak hilang dibandingkan yang Anda konsumsi. Salah satu penyebab dehidrasi di saat ini adalah kondisi panas berlebih. 

Nah gejala Anda mengalami dehidrasi antara lain merasa pusing, haus berlebihan, mudah lelah, mulut terus merasa kering, sulit fokus hingga pingsan. Jika sudah mengalami hal ini, Anda perlu segera memenuhi kebutuhan air pada tubuh. 

Baca Juga: Promo Traveloka Travel Fair 2023, Diskon Antar Jemput Bandara hingga Rp 100.000

Nah, ini makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat mengalami dehidrasi!

Air kelapa
Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda membutuhkan lebih dari sekedar cairan untuk mencapai keseimbangan. Anda juga harus mengisi kembali elektrolit yang hilang melalui cairan tubuh seperti keringat dan urin. 

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi penting seperti menjaga keseimbangan cairan dan menjaga jantung tetap berdetak dalam ritme yang teratur. 

Air kelapa sangat baik diminum saat Anda mengalami dehidrasi karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit serta sedikit karbohidrat.

Adapun 273 ml air kelapa murni tanpa gula, mengandung 9% nilai harian Potassium dan memiliki 45 kalori. 

Kuah kaldu dan sop
Sama seperti air kelapa, kuah kaldu dan sup juga memiliki kandungan air yang tinggi serta elektrolit. Gabungan keduanya sangat bagus memperbaiki kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi. 

Terlebih lagi, kuah kaldu dan sup dengan protein hewani juga memberikan kolagen yang dibutuhkan tubuh. Ini adalah protein hewani yang penting untuk kesehatan persendian, yang mungkin sangat penting jika dehidrasi Anda karena aktivitas fisik yang berlebihan. 

Memasak kuah kaldu dan sop sselama lebih dari 8 jam bisa meningkatkan kandungan kalsium dan magneisiumnya. Kedua zat ini penting untuk tulang dan otot. 

Adapun 273 ml kaldu tulang sapi mngandung elektrolit fosdor 6% dari nilai harian, kalium 9% dari nilai harian dan 21% natrium dari nilai harian. 

Baca Juga: 5 Alasan Nomor HP Di-Banned Telegram, Ternyata Ini Penyebabnya

Semangka dan Melon
Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan bisa menjadi pilihan untuk menjaga Anda terhidrasi. Terutama. buah seperti semangka, melon dan blewah. 

Semangka mengandung air hingga 92% sedangkan melon dan blewah menganding 90% air. Simpan semangka, melon dan blewah di dalam kulkas dan konsumsi jika Anda mengalami dehidrasi karena panas yang berlebihan. 

Smoothies
Smoothies adalah cara nikmat lainnya untuk mendapatkan asumsi air saat Anda mengalami dehidrasi. Biasany smoothies terbuat dari susu yang dicampur dengan buah dan sayuran. 

Smoothies memberikan rasa creamy, manis dan menyegarkan untuk membantu Anda mengembalikan cairan tubuh yang hilang 

Susu
Segelas susu juga bisa memenuhi kebutuhan air tubuh Anda. Tak haya itu susu juga bisa memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat dan lemak. Susu bisa jadi pilihan yang bagus untuk membantu Anda terhidrasi karena juga banyak mengandung elektrolit. 

Setiap 245 ml susu, Anda bisa mendapatkan 218 mil air, 8 gram protein, 24% kalsium, 8% potasium dan 7% magnesium. 

Nah itu tadi makanan dan minuman yang perlu Anda konsumsi saat mengalami dehidrasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News