Bugar

5 Cara Menggunakan Sunscreen SPF 30 di Wajah, Sudah Benar?

5 Cara Menggunakan Sunscreen SPF 30 di Wajah, Sudah Benar?

MOMSMONEY.ID - Pentingnya gunakan sunscreen SPF 30 setiap hari! Inilah cara menggunakan sunscreen SPF 30 di wajah. Kulit akan mudah mengalami kerusakan akibat paparan sinar UV dan bahkan bisa mengalami kanker kulit. 

Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan sunscreen dengan benar. Dilansir dari cnfstore.com, simak penjelasannya di bawah ini : 

1. Gunakan Sunscreen Minimal SPF 30

Pertama, Anda bisa gunakan sunscreen minimal SPF 30. SPF adalah indikator durasi melawan sinar UVB sebelum kulit mengalami sunburn. Semakin tinggi angka SPF, semakin kuat perlindungan sunscreen.

Dengan SPF 30, 97% paparan sinar UV dapat diblokir. Meskipun SPF 15 dapat melindungi dengan tingkat 93%, sunscreen ini hanya efektif melawan sunburn, tidak melibatkan perlindungan dari penuaan atau kanker kulit.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Munculnya Jerawat dengan Tepat, Wajib Coba!

2. Pakai Sebanyak 2 Ruas Jari

Cara menggunakan sunscreen SPF 30 berikutnya adalah pakai sebanyak 2 ruas jari. Penting untuk mengetahui seberapa banyak sunscreen yang harus Anda aplikasikan pada kulit wajah.

Beberapa perempuan mungkin cenderung menggunakan sunscreen wajah dengan jumlah yang terlalu sedikit, mungkin karena pertimbangan berhemat atau ingin memperpanjang pemakaian.

Jika Anda terbiasa demikian, sebaiknya mulai mengubah kebiasaan ini. Disarankan untuk menggunakan minimal sebanyak 2 ruas jari saat mengaplikasikan sunscreen.

Akan tetapi, menggunakan sunscreen dengan  jumlah yang kurang dari itu dapat mengurangi efektivitas perlindungan kulit yang diberikan.

3. Gunakan 15-30 Menit Sebelum Keluar Rumah

Jangan lupa untuk gunakan 15-30 menit sebelum keluar rumah. Hal ini karena diperlukan waktu bagi sunscreen untuk meresap atau membentuk lapisan pelindung.

Sunscreen SPF 30 untuk wajah membutuhkan waktu minimal 15 menit untuk meresap dan memberikan perlindungan maksimal pada kulit Anda.

Menerapkan langkah ini sangat penting untuk memaksimalkan manfaat sunscreen, karena kulit menjadi rentan terbakar dan kurang mendapat perlindungan optimal jika Anda segera beraktivitas di luar setelah mengoleskan sunscreen.

Baca Juga: Simak Manfaat Bergamot Oil untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

4. Gunakan Lagi Setelah 2 Jam

Selanjutnya, Anda harus gunakan lagi sunscreen setelah 2 jam. Gunakan metode ini ketika Anda berenang atau beraktivitas di luar sepanjang hari.

Untuk memastikan perlindungan terus berlangsung saat terpapar langsung oleh sinar matahari, aplikasikan kembali sunscreen setiap dua jam.

Jika Anda berenang atau berkeringat, segera keringkan kulit dan ulangi pengolesan secepat mungkin.

Kulit yang terbakar atau mengalami perubahan warna saat berada di luar ruangan seringkali disebabkan oleh penggunaan sunscreen yang terlalu sedikit, tidak melakukan pengolesan ulang, atau penggunaan produk yang sudah kedaluwarsa.

5. Pakai di Semua Area Tubuh

Cara menggunakan sunscreen SPF 30 untuk wajah adalah pakai di semua area tubuh. Jika Anda biasanya hanya fokus pada tangan, kaki, dan wajah, sebaiknya tambahkan penggunaan sunscreen pada beberapa area tersembunyi, seperti belakang leher dan belakang telinga.

Namun, pastikan Anda memilih produk sunscreen yang sesuai. Hindari penggunaan sunscreen badan pada wajah, dan sebaliknya, untuk memastikan perlindungan yang optimal.

Nah, itulah cara menggunakan sunscreen SPF 30 di wajah yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News