Bugar

5 Cara Mengatasi Munculnya Jerawat dengan Tepat, Wajib Coba!

5 Cara Mengatasi Munculnya Jerawat dengan Tepat, Wajib Coba!

MOMSMONEY.ID - Masalah jerawat sangat mengganggu, Anda bisa coba cara mengatasi jerawat dengan tepat di sini. Perlunya Anda tahu bahwa jerawat adalah benjolan kecil di permukaan kulit yang dapat meradang dan berubah warna. 

Dikutip dari cnfstore.com, penyebab munculnya jerawat terjadi karena penyumbatan pada pori-pori dan minyak menumpuk di bawah kulit.

Sel kulit mati, sebum, dan kotoran, bisa menggumpal menjadi sumbat di pori-pori. Lalu dalam perkembangannya, sumbatan ini terinfeksi bakteri P.acnes dan terjadilah pembengkakan. 

Namun tidak perlu khawatir, Anda masih bisa mengatasi munculnya jerawat di wajah. Masih bersumber dari cnfstore.com, berikut lima cara mengatasi jerawat dengan tepat, yaitu: 

1. Pilih Face Cleanser yang Ringan dan Lembut

Cara mengatasi munculnya jerawat dengan tepat adalah pilih face cleanser yang ringan dan lembut agar tidak mengeringkan kulit.

Cuci wajah sekali di pagi hari dan sekali di malam hari sudah cukup untuk membersihkan dan melembapkan wajah. Jangan terlalu sering mencuci wajah karena dapat membuat jerawat semakin parah.

Untuk mencegah jerawat muncul, lakukan eksfoliasi mingguan dengan produk exfoliator yang ringan dan lembut di kulit. 

Baca Juga: Simak Manfaat Bergamot Oil untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

2. Oleskan Pelembap Setiap Hari yang Oil Free dan Non Comedogenic

Cara mengatasi munculnya jerawat selanjutnya adalah oleskan pelembap setiap hari yang oil free dan non comedogenic. Daily moisturizer lotion atau cream dapat bermanfaat untuk mengatasi penyebab munculnya jerawat.

Pilihlah formula pelembap yang bebas minyak dan non comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. 

3. Bersihkan Makeup Sebelum Tidur

Kemudian, jangan lupa untuk membersihkan makeup sebelum tidur. Hapus dan bersihkan sisa makeup seharian yang masih menempel dengan cleanser yang lembut.

Tidur dengan makeup yang masih menempel akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat muncul. Untuk setiap produk makeup yang aman digunakan kulit berjerawat, pastikan berlabel oil free dan non comedogenic.

Baca Juga: 6 Trik Bikin Smoothie Buatanmu Bertekstur Sangat Kental dan Creamy

4. Hindari Memencet Jerawat

Cara mengatasi munculnya jerawat berikutnya adalah hindari memencet jerawat. Hal ini dapat membuat jerawat semakin parah, meradang, dan meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Selain itu, jerawat yang dipencet dapat menyebarkan minyak dan bakteri penyebab jerawat di area sekitarnya sehingga memicu jerawat lain. 

5. Oleskan Sunscreen Setiap Hari

Terakhir, Anda harus oleskan sunscreen setiap hari. Sunscreen adalah salah satu langkah skincare yang harus dilakukan untuk semua jenis kulit termasuk acne-prone skin.

Terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa perlindungan ekstra, dapat memperburuk jerawat, kulit menjadi lebih sensitif, bahkan mengalami sunburn.

Oleskan sunscreen dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi dan kamu bisa memilih physical sunscreen yang cenderung tidak mengiritasi kulit.

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi munculnya jerawat dengan tepat yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News