Bugar

Simak 4 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam, Tidak Sulit!

Simak 4 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Jika sedang mengalami wajah kusam, Anda bisa coba cara mengatasi kulit wajah kusam ini. Penyebab munculnya kulit wajah kusam disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya penumpukan sel kulit mati dan dehidrasi kulit. 

Kemudian, gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menyebabkan wajah kusam, seperti kurang tidur, jarang berolahraga, penuaan alami, merokok dan pola makan tidak sehat. 

Ada beberapa ciri kulit wajah kusam yang bisa Anda kenali, yaitu warna atau tekstur kulit yang tidak merata sehingga kilau wajah nampak kurang merata.

Jika Anda sedang mengalami masalah kulit ini, simak empat cara mengatasi kulit wajah kusam dilansir dari cnfstore.com, yaitu: 

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mengangkat Komedo di Wajah, Mulai Treatment dan Bahan Aktif!

1. Melakukan Cuci Wajah Setiap Hari

Pertama, Anda harus melakukan cuci wajah setiap hari. Jadikan cuci wajah sebagai rutinitas skincare sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Mencuci wajah sangat penting untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup yang menempel di kulit.

Wajah yang dibiarkan kotor dan tidak dibersihkan dengan tuntas, akan memicu penyumbatan pori-pori sehingga menyebabkan kulit kusam.

Untuk hasil yang lebih efektif, aplikasikan double cleansing untuk benar-benar memastikan kulit wajah bersih setelah lelah seharian.

2. Rutin Eksfoliasi Mingguan untuk Mencerahkan Wajah

Cara mengatasi kulit wajah kusam selanjutnya adalah rutin eksfoliasi mingguan untuk mencerahkan wajah. Saat muncul ciri-ciri wajah kusam dan kering, Anda harus rutin menerapkan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Eksfoliasi baik itu secara physical ataupun chemical sangat penting untuk membersihkan penumpukan sel kulit mati penyebab wajah kusam.

Selain itu, eksfoliasi juga membantu membuat kulit semakin halus dan lembap, menyamarkan garis-garis halus, serta meratakan tekstur kulit tidak merata.

Jadi ingat selalu eksfoliasi untuk mengatasi kulit wajah kusam dan hasilnya kulit jadi lebih glowing alami.

Baca Juga: 4 Cara Tepat Memotong Buah biar Nutrisi di Dalamnya Tidak Hilang

3. Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Berikutnya, jangan lupa gunakan sunscreen karena dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Dilansir dari laman Byrdie.com, paparan sinar matahari dapat menyerap essential fatty acid dan hyaluronic acid yang membuat kulit wajah semakin kusam dan menggelap.

Maka dari itu, sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar matahari. Aplikasikan sunscreen setiap hari baik saat beraktivitas di dalam dan di luar ruangan. Kandungan SPF yang baik adalah minimal 30 atau lebih untuk perlindungan maksimal pada kulit.

4. Mengonsumsi Makanan yang Sehat dan Seimbang

Cara mengatasi kulit wajah kusam lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Perawatan wajah kusam juga harus dari dalam tubuh dengan pola makan yang sehat.

Pertama, cut down konsumsi makanan manis, alkohol, processed meat, dan trans fats yang dapat merusak kulit Konsumsi lebih banyak asupan asam lemak seperti ikan, kenari, dan biji rami.

Asam lemak ini bermanfaat untuk kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi sel kulit, memperkuat skin barrier, dan meredakan peradangan kulit. 

Makanan kaya antioksidan seperti tomat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan dark chocolate juga bagus untuk melawan peradangan dan menangkal radikal bebas.

Anda juga dapat menambahkan asupan makanan kaya probiotik (yoghurt, keju, tempe, kombucha, dan lainnya) yang menyehatkan usus dan kulit kamu.

Jangan lupakan vitamin C yang mendukung produksi kolagen, seperti buah strawberry, kiwi, jeruk, dan sayuran hijau. 

Sekarang Anda sudah tahu cara mengatasi kulit wajah kusam dengan mudah, segera rawat kesehatan kulit Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News