Bugar

4 Cara Merawat Kulit Wajah Sejak Usia 20-an, Gimana?

4 Cara Merawat Kulit Wajah Sejak Usia 20-an, Gimana?

MOMSMONEY.ID - Memasuki usia 20-an, Anda harus lebih sering merawat wajah. Perlunya tahu cara merawat kulit wajah sejak usia 20-an. Merawat kulit sejak dini sangat penting dilakukan sebagai investasi jangka panjang buat kulit.

Tentunya Anda tidak ingin memiliki kulit yang cepat keriput, tidak lembap dan sehat. Oleh karena itu, Anda harus merawat kulit secara rutin dan sejak dini. 

Mengutip dari natur-e.co.id, berikut lima cara merawat kulit wajah sejak usia 20-an, yaitu: 

Baca Juga: Ini Lagu-lagu Blackpink yang Cocok dengan Zodiak Anda

1. Pilih Produk Skincare Sesuai Jenis Kulit

Cara pertama merawat kulit wajah di usia 20-an adalah pilih produk skincare sesuai jenis kulit. Anda perlu memahami jenis kulit yang dimiliki, seperti berminyak, kering, normal, sensitif maupun kombinasi.

Hal ini bukan hanya memengaruhi cara Anda merawat kulit, tapi juga produk skincare yang perlu dimiliki maupun dihindari.

Baca bahan-bahan yang terkandung dalam makeup maupun skincare yang bisa memberikan efek pada kulit, bahkan terserap hingga masuk ke aliran darah.

Ingatkan diri sendiri, jika sulit untuk mengucapkan namanya maka kemungkinan besar zat itu kurang baik untuk kulit. Lakukan riset dan pahami manfaat maupun efek sampingnya pada kesehatan kulit.

2. Memahami Rutinitas Perawatan Kulit yang Tepat

Selanjutnya, Anda harus memahami rutinitas perawatan kulit yang tepat. Membersihkan, toning dan melembapkan merupakan tiga langkah penting untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan bercahaya.

Rutinitas perawatan kulit dasar ini yang berperan penting dalam menjaga kulit tetap segar dan membantu menunda tanda-tanda penuaan kulit.

Perawatan kulit sederhana justru memberikan hasil terbaik karena bisa fokus mengatasi masalah kulit. Sebaliknya, menggunakan beragam produk skincare terutama dalam jangka panjang bukan hanya membuang-buang dana dan waktu, tapi hasilnya tidak seoptimal yang diinginkan.

Baca Juga: Pahami 5 Manfaat Lip Balm untuk Kesehatan Bibir, Halus dan Lembab!

3. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Kemudian, cara merawat wajah usia 20-an dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sinar matahari menjadi salah satu penyebab kerusakan terburuk pada kulit.

Tidak hanya bikin kulit kusam, penuaan dini seperti flek hitam dan hiperpigmentasi pun kerap terjadi karena paparan sinar UV. Gunakan pelembap yang dilengkapi dengan tabir surya.

Selain dipakai saat berada di pantai dengan intensitas sinar matahari yang cukup terik, oleskan ke seluruh kulit wajah dan tubuh bahkan saat berada dalam ruangan atau cuaca yang sedang berawan.

Ulangi pemakaiannya setelah beberapa jam, berkeringat atau terkena air untuk memaksimalkan perlindungan dari efek buruk sinar matahari.

4. Biasakan Makan Sehat dan Seimbang

Cara merawat kulit wajah terakhir adalah biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan untuk mencegah berbagai masalah kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Bukan hanya soal makanan saja, minum air putih 6-8 gelas air per hari akan membantu detoksifikasi kulit, yang akan memperbaiki penampilan maupun tekstur kulit Anda.

Perawatan kulit dari dalam dan luar jadi investasi penting bagi cantiknya kulit Anda di masa yang akan datang.

Nah, itulah beberapa cara merawat kulit wajah sejak usia 20-an yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News