Keluarga

5 Cara Mencegah Kerutan Wajah Pada Saat Tidur, Hindari Posisi Tidur Tengkurap!

5 Cara Mencegah Kerutan Wajah Pada Saat Tidur, Hindari Posisi Tidur Tengkurap!

MOMSMONEY.ID - Kali ini MomsMoney akan membagikan 5 cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur. Simak sampai akhir ya.

Secara umum, kerutan disebabkan oleh hilangnya kolagen dan elastisitas yang mengurangi volume kulit.

Namun, siapa sangka bahwa kebiasaan kita tatkala tidur juga berkontribusi pada kerusakan kolagen yang akhirnya mengarah ke kemunculan kerutan.

Melansir laman Health, seorang dokter kulit yang berbasis di New York City bernama Debra Jaliman, MD, membagikan 5 cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur. Tanpa basa-basi, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Selalu Menyikat Kulit Saat Mandi, Kecilkan Pori-Pori

1. Tidur dengan cukup

Cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur yang pertama yaitu tidur dengan cukup. Kurang tidur adalah waktu tidur yang lebih pendek dari yang kita butuhkan, biasanya kurang dari 7 jam untuk orang dewasa.

Ketika Anda mengalami kurang tidur, itu akan terlihat jelas dari penampilan Anda. Adapun beberapa indikasi kurang tidur antara lain kelopak mata menggantung, muncul lingkaran hitam di bawah mata, mata bengkak dan dikelilingi garis-garis halus, serta muncul lebih banyak kerutan secara keseluruhan.

Jadi, jika Anda menginginkan kulit yang senantiasa muda dan minim kerutan, usahakanlah untuk tidur 7-8 jam setiap malam.

2. Tidur dengan posisi telentang

Cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur yang kedua yaitu tidur dengan posisi telentang. Tidur tengkurap maupun tidur menyamping cenderung memberikan tekanan yang konstan pada wajah. Seiring waktu, kebiasaan ini dapat menghasilkan kerutan atau sleep lines yang tidak diinginkan.

Sebagai gantinya, cobalah tidur dengan posisi telentang guna menghindari tekanan berlebih pada wajah. Apabila Anda tidak terbiasa tidur telentang, mulailah dengan meletakkan bantal di bawah lutut atau punggung bawah dan kelilingi diri Anda dengan bantal lain di kedua sisi tubuh khususnya di sekitar bagian tengah tubuh dan pinggul.

Penggunaan bantal tidak hanya dapat membantu Anda merasa lebih nyaman, tetapi juga bisa menyulitkan Anda untuk bergerak ke posisi tidur miring atau tengkurap. Kehadiran bantal juga akan membantu tubuh Anda terbiasa dengan posisi tidur telentang.

3. Gunakan bantal khusus

Cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur yang ketiga yaitu menggunakan bantal khusus. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidur telentang sangat membantu dalam mencegah kerutan wajah pada saat tidur. Nah, untuk memudahkan Anda tidur dengan posisi telentang, Anda bisa menggunakan bantal khusus.

Pilihlah bantal berkontur yang dirancang untuk membuat tidur telentang lebih nyaman, seperti night pillow. Ada banyak manfaat yang dimiliki night pillow termasuk meminimalkan kerutan, membantu menciptakan kulit yang bersih, hingga menghidrasi sel-sel kulit untuk membantu mencegah pembentukan garis-garis halus.

Selain night pillow, Anda juga dapat menggunakan bantal leher. Dengan menggunakan bantal leher, itu memungkinkan Anda untuk lebih mudah tidur telentang tanpa berguling ke samping.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering, Cermati Kandungan dan Teksturnya

4. Pakai sarung bantal berbahan sutra atau satin

Cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur yang keempat yaitu memakai sarung bantal berbahan sutra atau satin.

Jika Anda tidak bisa tidur telentang dengan nyaman, Anda dapat mencegah kemunculan kerutan yang biasa disebabkan oleh sarung bantal dengan mengganti sarung bantal berbahan katun ke sutra atau satin.

Sarung bantal berbahan sutra atau satin sangat memungkinkan kulit meluncur atau bergerak dengan mulus di permukaan bantal. Dengan kata lain, daya tariknya berkurang dan wajah pun tidak akan berderak seperti saat Anda menggunakan sarung bantal katun.

5. Aplikasikan krim anti-aging sebelum tidur

Cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur yang terakhir yaitu mengaplikasikan krim anti-aging sebelum tidur.

Sebelum tidur, aplikasikanlah krim malam atau night cream yang mengandung formula anti-aging guna membantu mencegah dan mengatasi kerutan.

Pertimbangkan untuk menggunakan night cream yang dilengkapi dengan retinol, karena retinol termasuk agen anti-aging yang paling ampuh untuk mencegah kerutan dan garis-garis halus dengan cara merangsang kolagen. Agar kulit tidak terlalu kering akibat penggunaan retinol, usahakan untuk memilih night cream yang juga mengandung bahan-bahan melembabkan seperti hyaluronic acid ya.

Itulah 5 cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur. Sederhana sekali kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News