Keluarga

5 Cara Melindungi Kulit Wajah dari Polusi Udara, Jangan Skip Moisturizer!

5 Cara Melindungi Kulit Wajah dari Polusi Udara, Jangan Skip Moisturizer!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 cara melindungi kulit wajah dari polusi udara yang tidak boleh Anda lewatkan.

Baru-baru ini, polusi udara khususnya di Jakarta kian memburuk. Adapun kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jangka panjang seperti penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK), kanker paru-paru, hingga penyakit jantung.

Bagi kulit, polusi udara bisa menyebabkan kulit dehidrasi, mengganggu mikrobioma kulit, merusak skin barrier, memicu tanda-tanda penuaan dini, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Nah, untuk membantu melindungi kulit khususnya di area wajah dari efek buruk polusi udara, ada 5 cara yang patut Anda tahu dan terapkan. Melansir BeBeautiful, berikut 5 cara melindungi kulit wajah dari polusi udara.

Baca Juga: Tiket.com Beri Opsi Liburan Tematik di Jakarta, Bisa Jadi Destinasi di Akhir Pekan

1. Rajin double cleansing

Cara melindungi kulit wajah dari polusi udara yang pertama yaitu rajin double cleansing.

Membersihkan wajah dengan benar sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit yang sering terpapar udara kotor. Tak sebatas cuci muka, pastikan Anda tidak melewatkan double cleansing untuk pembersihan wajah yang maksimal.

Sebelum cuci muka dengan facial wash, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan produk first cleanser seperti micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil. Ini bermanfaat untuk membantu menghilangkan polutan, kotoran, sunscreen, dan makeup dengan mudah. Setelah itu, lanjutkan dengan mencuci muka menggunakan facial wash sesuai jenis kulit untuk membersihkan wajah dari berbagai residu yang masih menempel.

2. Eksfoliasi 2-3 kali seminggu

Cara melindungi kulit wajah dari polusi udara yang kedua yaitu eksfoliasi 2-3 kali seminggu.

Eksfoliasi secara teratur lebih dari sekadar membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati. Tetapi juga menghilangkan kotoran dan polusi yang terperangkap di dalam pori-pori.

Jadi, jangan lupa untuk mengeksfoliasi wajah Anda setidaknya 2-3 kali seminggu. Lakukan rutinitas ini dengan gerakan melingkar yang lembut. Hindari menggunakan produk eksfoliasi yang terlalu keras karena bisa mengiritasi kulit Anda.

3. Pakai skincare yang mengandung antioksidan

Cara melindungi kulit wajah dari polusi udara yang ketiga yaitu memakai skincare yang mengandung antioksidan.

Antioksidan merupakan garis pertahanan terbaik untuk membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Selain mengonsumsi makanan kaya antioksidan, Anda juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan secara teratur, contohnya serum vitamin C. Penggunaan serum vitamin C akan membantu mencegah tanda-tanda stres oksidatif seperti garis-garis halus, kulit kendur, dan bintik-bintik hitam.

Baca Juga: 5 Ide Renovasi Ulang Kamar Mandi dengan Warna Pink

4. Pakai sunscreen setiap hari

Cara melindungi kulit wajah dari polusi udara yang keempat yaitu memakai sunscreen setiap hari.

Meskipun sunscreen tidak secara langsung melindungi kulit dari paparan polusi, namun sunscreen berperan penting dalam pertahanan kulit terhadap polusi.

Perlu Anda tahu bahwa polusi udara dapat bereaksi dengan sinar UV dan berubah menjadi racun yang merusak kulit. Oleh sebab itu, penggunaan sunscreen berspektrum luas setiap hari sangat disarankan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV semaksimal mungkin.

5. Jangan skip moisturizer

Cara melindungi kulit wajah dari polusi udara yang kelima yaitu tidak melewatkan penggunaan moisturizer.

Moisturizer yang tepat dapat membantu memperkuat penghalang lipid kulit. Pada gilirannya, kulit pun akan terlindungi dari faktor lingkungan seperti polutan di udara.

Agar terasa nyaman, pilihlah moisturizer yang ringan dan tidak lengket namun tetap mampu menutrisi kulit saat Anda beraktivitas di luar ruangan.

Demikian 5 cara melindungi kulit wajah dari polusi udara. Semoga bermanfaat dan jangan lupa diterapkan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News