Keluarga

4 Manfaat Besar Diet Raw Food untuk Tubuh, Makan Serba Mentah dari Buah hingga Sayur

4 Manfaat Besar Diet Raw Food untuk Tubuh, Makan Serba Mentah dari Buah hingga Sayur

MOMSMONEY.ID - Mengutip Experience Life, pola diet raw food artinya menjauhkan seseorang dari makanan olahan & beralih ke makanan nabati utuh seperti makanan dari tumbuhan.

Diet raw food pada umumnya terdiri dari sayur, buah, kacang, dan biji-bijian yang tidak pernah dipanaskan di atas suhu 47 derajat Celcius.

Panas yang tinggi menyebabkan sebagian besar enzim dalam makanan jadi rusak & berubah bentuk. Enzim rusak ini biasa disimpan dalam lambung sehingga berpengaruh terhadap pencernaan, dikutip dari Healthline.

Sebagian besar para penganut diet raw food adalah vegan, lalu sebagian lainnya adalah vegetarian & omnivora (penyantap sushi).

Seperti diet pada umumnya, tubuh akan berbeda-beda untuk merespons diet raw food ini. Ada orang yang akan cocok dengan tipe diet ini, ada pun yang tak cocok.

Baca Juga: Daftar Buah dan Sayuran yang Tak Boleh Disimpan Bersama, Bikin Cepat Busuk

Berikut ini manfaat diet raw food!

raw food diet

Baca Juga: 7 Sayuran Murah Penurun Kolesterol Jahat, Dijamin Hemat dan Sehat!

1. Nutrisi lebih tinggi

Salah satu manfaat diet raw food ialah kandungan nutrisi asli yang terdapat pada makanan, seperti misalnya Vitamin C yang sensitif terhadap panas, bisa tetap ada & tak hilang begitu saja, dikutip dari Fakaza News.

Mengonsumsi raw food/makanan mentah membuat tubuh terpenuhi dengan nutrisi-nutrisi yang rentan dengan pengaruh suhu tinggi yang biasa hadir ketika kita sedang memasak.

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini Cara Tepat Mencuci Sayuran Tanpa Bikin Gizi Jadi Hilang

2. Menurunkan risiko penyakit serius

Para peneliti telah melakukan banyak penelitian tentang diet raw food. Ditemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi serat nabati terbukti dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan peradangan kronis.

Makanan mentah juga menghindari tubuh dari terpaparnya radikal bebas & zat karsinogenik akibat memasak yang biasanya menjadi pemicu sel kanker, menurut VegKitchen.

3. Kesehatan kulit & tubuh terjaga

buah dan sayur

Orang yang melakukan diet raw food (khususnya sayuran mentah & buah-buahan) akan memiliki lebih banyak energi, serta kulit yang baik, dikutip dari Piedmont.

Kesehatan pencernaan juga terjaga & terhindari dari risiko penyakit kardiovakular.

Baca Juga: 6 Cara Pilih Buah dan Sayur Berkualitas Baik Ala Koki Profesional

4. Terhindari dari penyakit

Dengan rutin menjalankan diet raw food, banyak penyakit mulai dari pilek, flu, campak, sakit maag, kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan jadi hilang begitu saja.

Sebab makanan mentah akan menjaga tuuh tetap sehat dengan pertahanan yang baik dari banyaknya penyakit yang sering datang ke tubuh.

Itulah berbagai manfaat diet raw food. Ternyata diet raw food tak semengerikan yang dibayangkan, lo.

Selanjutnya: Performa IHSG Era Jokowi, Tak Semoncer Masa SBY dan Megawati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News