Bugar

4 Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Gimana?

4 Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Gimana?

MOMSMONEY.ID - Jangan asal pilih sunscreen untuk kulit sensitif, Anda harus tahu cara memilih sunscreen.

Seperti yang Anda tahu bahwa kulit sensitif rentan mengalami iritasi atau berjerawat, sehingga perlu memperhatikan kandungan skincare yang dipakai. 

Mengutip dari cnfstore.com, formula tertentu yang mengandung filter kimia, wewangian, pengawet, atau essential oil dan ekstrak lainnya dapat memperburuk kulit yang halus.

Ini dapat muncul sebagai kemerahan, kekeringan, pengelupasan, atau sensitivitas umum, yang dapat berupa iritasi sederhana pada produk atau reaksi alergi yang sebenarnya terhadap bahan tertentu.

Namun, masih ada banyak sunscreen yang berkualitas yang bisa Anda lakukan. Oleh karena itu, berikut cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif, melansir dari cnfstore.com, yaitu: 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Masker Timun untuk Wajah, Hilangkan Jerawat

1. Pilih mineral sunscreen

Cara pertama memilih sunscreen untuk kulit sensitif adalah pilih mineral sunscreen

Secara umum, kulit sensitif sedikit lebih beruntung dengan mineral atau physical sunscreen dibandingkan dengan produk dengan filter kimia (oxybenzone, avobenzone, octisalate, dan homosalate adalah contoh populer dalam formulasi kimia).

Filter kimia menyerap sinar UV dan mengurangi jumlah yang menembus kulit.

Sebagai gantinya, carilah zinc oxide atau titanium dioxide pada label, yang melindungi dengan memberikan perisai fisik antara kulit dan sinar Matahari yang berbahaya.

Namun, baik chemical dan mineral sunscreen keduanya dianggap aman untuk digunakan.

2. Hindari wewangian

Cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif selanjutnya adalah hindari wewangian. 

Beberapa sunscreen mungkin diformulasikan dengan wewangian tertentu untuk memberikan aroma yang menyenangkan, tetapi ini dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kepekaan bagi kulit sensitif.

Untuk alasan ini, beberapa pemilik kulit sensitif sebenarnya dapat mentolerir sunscreen yang mengandung filter kimia, tetapi bukan aroma atau botani yang dikombinasikan dengannya.

Baca Juga: Bisa Bantu Healing, Ini 4 Manfaat Menulis Bagi Kesehatan Mental dan Ingatan

3. Formula bebas minyak

Berikutnya, gunakan formula bebas minyak. Memiliki kulit berjerawat dan sensitif bukanlah alasan untuk melewatkan sunscreen, karena noda dan bekas yang tertinggal setelah berjerawat hanya akan menjadi lebih gelap.

Sebagai gantinya, cobalah sunscreen untuk kulit sensitif dengan SPF yang bebas minyak dan noncomedogenic (formulanya tidak akan menyumbat pori-pori).

Perhatikan konsistensinya, karena formula cair dan seperti gel sering kali terasa lebih ringan pada kulit berminyak.

4. Pilih Hidrator

Cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif lainnya adalah pilih hidrator

Beberapa sunscreen di pasaran yang menargetkan kulit sensitif mengandung bahan-bahan, seperti oatmeal koloid atau ceramide, untuk menawarkan jenis manfaat yang sama seperti pelembap sekaligus melindungi kamu dari sinar matahari.

Nah, itulah beberapa cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News