Bugar

5 Cara Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif yang Tepat

5 Cara Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Jangan asal-asalan, Anda perlu tahu cara eksfoliasi wajah untuk kulit sensitif yang tepat.

Eksfoliasi adalah salah satu cara merawat kulit wajah, yaitu bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membantu kulit jadi lembab dan kenyal.

Setiap jenis kulit boleh melakukan eksfoliasi, tetapi tidak semua memiliki cara yang sama. Bagi kulit sensitif, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar tidak mengalami iritasi.

Untuk lebih jelasnya, simak lima cara eksfoliasi untuk kulit sensitif dengan tepatdilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Mulai dengan kandungan yang ringan

Cara eksfoliasi untuk kulit sensitif yaitu mulai dengan kandungan yang ringan. Anda harus memilih jenis acid yang tepat sebagai chemical exfoliants agar lebih aman bagi kulit sensitif.

Beberapa kandungan acids yang aman sebagai eksfoliator adalah Beta Hydroxy Acids (BHA) seperti salicylic acid, Alpha Hydroxy Acics (AHA) seperti glycolic acid, lactic acid, hingga Poly Hydroxy Acids (PHA).

Namun, kandungan acid yang paling tepat untuk kulit sensitif adalah PHA. PHA memiliki ukuran molekul yang lebih besar, sehingga tidak menyebabkan stres yang terlalu besar pada kulit. Jika Anda baru mulai melakukan eksfoliasi, PHA ini bisa jadi eksfoliator yang tepat.

Baca Juga: Banyak Digunakan, Ini Sederet Manfaat Charcoal Atau Arang Aktif

2. Gunakan chemical exfoliants

Selanjutnya, bagi kulit sensitif disarankan menggunakan chemical exfoliants saja. Kandungan acid yang tercantum pada skin care memang terdengar menyeramkan untuk pemilik kulit sensitif.

Kandungan acid dianggap keras untuk kulit, kenyataannya kandungan acid tidak selamanya buruk untuk kulit sensitif. Biasanya, physical exfoliator yang berbentuk butiran kasar ini menyebabkan iritasi kulit.

Namun, chemical exfoliants bisa menjadi eksfoliator yang lebih bagus dan lebih lembut bagi kulit sensitif.

3. Sesuaikan frekuensi penggunaan

Kemudian, Anda juga harus menyesuaikan frekuensi penggunaan produk eksfoliasi. Frekuensi penggunaan produk eksfoliasi yang disarankan adalah 2-3 kali dalam seminggu. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya jangan ikuti itu.

Saat mencoba produk eksfoliasi yang baru, Anda bisa mulai dengan penggunaan sekali seminggu dahulu. Setelah itu, pastikan kondisi kulit Anda tidak mengalami reaksi negatif apapun. Setelah itu, Anda bisa menambah frekuensi penggunaan produk eksfoliasi.

Baca Juga: Promo Mister Aladin Selama Juni 2023, Diskon Tiket Pesawat hingga Rp 500.000

4. Ikuti petunjuk penggunaan

Cara eksfoliasi berikutnya dengan ikuti petunjuk penggunaan. Menggunakan produk skincare bukanlah hal yang mudah. Setiap produk memiliki cara pemakaian yang berbeda, dan hal ini sangat krusial bagi pemilik kulit sensitif.

Ada banyak produk eksfoliator yang bisa digunakan semalaman tapi ada juga yang hanya boleh digunakan selama 10-15 menit lalu dibilas. Agar Anda tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, selalu ikuti petunjuk penggunaan produk yang sudah ditentukan.

5. Gunakan pelembap dan sunscreen setelah eksfoliasi

Terakhir, Anda harus menggunakan pelembap dan sunscreen setelah melakukan eksfoliasi. Sebelum mulai melakukan eksfoliasi, Anda harus memiliki skin care routine untuk menjaga kondisi kulit wajah.

Sehingga saat melakukan proses ini yang menyebabkan sensitivitas meningkat dan kulit lebih kering, Anda bisa mengimbanginnya dengan skincare routine yang baik.

Jangan pernah lewatkan penggunaan pelembap dan sunscreen. Penggunaan pelembap untuk memastikan kadar air dalam kulit tetap terjaga sehingga proses pergantian sel kulit dapat maksimal. Selain itu, sunscreen untuk melindungi kulit yang lebih sensitif setelah eksfoliasi.

Jadi, itulah beberapa cara eksfoliasi untuk kulit sensitif yang bisa Anda lakukan di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News