Bugar

2 Rekomendasi Posisi Tidur Terbaik untuk Kesehatan Anda, Apa Saja?

2 Rekomendasi Posisi Tidur Terbaik untuk Kesehatan Anda, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Posisi tidur yang kita pilih dapat memiliki dampak signifikan pada kesehatan kita. Beberapa posisi mungkin menguntungkan, sementara yang lain bisa menyebabkan masalah seperti sakit punggung atau gangguan pernapasan. Apa saja posisi tidur terbaik untuk kesehatan yang direkomendasikan?

Melansir dari laman Sleep Foundation, tidur miring atau terlentang sering direkomendasikan karena lebih bermanfaat dibandingkan dengan tidur tengkurap.

Posisi ini memungkinkan tulang belakang untuk mendapatkan dukungan yang seimbang, mengurangi tekanan pada tulang belakang, dan memfasilitasi relaksasi serta pemulihan otot.

Menurut sebuah studi, beberapa orang dewasa yang mengalami nyeri punggung mendapatkan pengurangan rasa sakit yang signifikan hanya dalam empat minggu dengan tidur telentang atau miring.

Baca Juga: Yuk, Coba 8 Pilihan Yogurt yang Bagus untuk Diet Turunkan Berat Badan

Di bawah ini ulasan lebih detail terkait beberapa posisi tidur terbaik untuk kesehatan Anda:

1. Tidur Telentang

Tidur telentang dianggap sebagai salah satu posisi tidur terbaik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan tulang belakang. Posisi ini mendukung tulang belakang dan leher tanpa menambah tekanan berlebih.

Tidur telentang juga bermanfaat untuk kulit, karena wajah tidak tertekan ke bantal, yang dapat membantu mengurangi pembentukan kerutan dan jerawat. Selain itu, posisi ini mengurangi refluks asam lambung, asalkan bagian kepala agak ditinggikan.

Namun, bagi penderita sleep apnea dan mendengkur, posisi ini mungkin tidak ideal karena dapat memperparah gejala.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan! Ini 7 Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Anda

2. Tidur Miring

Tidur miring, terutama pada sisi kiri, sering direkomendasikan untuk meningkatkan sirkulasi dan pencernaan. Posisi ini juga baik untuk mengurangi refluks asam. Selain itu, tidur miring kiri dianggap ideal selama kehamilan, karena meningkatkan aliran darah ke rahim, ginjal, dan janin.

Untuk menjaga kesehatan tulang belakang, gunakan bantal yang cukup untuk menjaga kepala sejajar dengan tulang belakang dan pertimbangkan menggunakan bantal tambahan di antara lutut untuk mengurangi tekanan pada pinggul.

Nah, itulah rekomendasi posisi tidur terbaik untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Promo Indomaret Ice Cream Fair Edisi Juli 2024, Es Krim Wall’s Oreo Beli 1 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News