Bugar

Catat, Ini Buah yang Cocok dan Aman untuk Penderita Diabetes

Catat, Ini Buah yang Cocok dan Aman untuk Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Buah yang cocok dan aman untuk penderita diabetes ada apa saja, ya? Simak daftarnya di sini.

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Pengaturan pola makan yang baik, termasuk pemilihan buah-buahan yang tepat, menjadi salah satu strategi penting dalam mengelola diabetes.

Beberapa buah-buahan memiliki indeks glikemik rendah hingga sedang, yang artinya buah tersebut tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Melansir dari WebMD, di bawah ini adalah beberapa buah yang cocok dan aman untuk penderita diabetes:

1. Apel

Kaya akan serat larut yang disebut pektin, apel membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Kenali Gejala Awal Diabetes dan Cara Mencegahnya Berikut Ini, yuk!

2. Jeruk

Serat dalam jeruk, terutama di bagian putih di bawah kulit (albedo), membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan gula. Konsumsi jeruk dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Pisang

Pisang mengandung serat larut yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Namun, pisang yang terlalu matang memiliki GI yang lebih tinggi dibandingkan dengan pisang yang masih hijau atau setengah matang. Penderita diabetes harus hindari konsumsi pisang terlalu matang, ya.

Baca Juga: Benarkah Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes? Ini Kata Studi

4. Mangga

Meskipun mangga manis, kandungan seratnya yang tinggi membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Mangga yang belum matang memiliki GI yang lebih rendah dibandingkan mangga yang matang.

5. Kurma

Kurma kaya akan gula alami, namun juga kaya akan serat. Ini membantu memperlambat penyerapan gula dan mencegah lonjakan gula darah.

Baca Juga: Bukan Beras Putih, Ini Pilihan Beras yang Ramah untuk Penderita Diabetes

6. Pir

Sama seperti apel, pir kaya akan pektin, sebuah jenis serat larut yang membantu memperlambat penyerapan gula dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

7. Berries (seperti blueberry, strawberry, dan raspberry)

Berries kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Indeks glikemiknya rendah, sehingga cocok untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Alasan Mengapa Lebih Baik Makan Buah Utuh Daripada Jus Buah

Itulah sejumlah buah yang cocok dan aman untuk penderita diabetes. meskipun buah-buahan tersebut aman untuk penderita diabetes, konsumsi buah tetap harus dalam jumlah yang wajar. Sebaiknya kombinasikan juga dengan makanan lain yang seimbang.

Selain itu, penderita diabetes juga disarankan untuk memantau respons gula darah individu terhadap berbagai jenis buah, karena reaksi setiap orang dapat berbeda. Dalam mengonsumsi buah, penderita diabetes juga disarankan untuk memilih buah yang segar dan utuh daripada jus buah.

Hal ini karena jus buah seringkali kehilangan seratnya dan memiliki konsentrasi gula yang lebih tinggi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News