Bugar

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan Anda

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan Anda

MOMSMONEY.ID - Mengurangi konsumsi gula tidak hanya tentang menghindari kenaikan berat badan. Langkah ini memiliki implikasi yang luas dan positif bagi kesehatan secara keseluruhan. Manfaat mengurangi konsumsi gula untuk kesehatan yang lainnya juga penting untuk Anda ketahui.

Menyadur dari laman Health, berikut adalah tujuh manfaat mengurangi konsumsi gula untuk kesehatan Anda:

1. Pengelolaan Berat Badan yang Efektif

Menjaga asupan gula tambahan tetap rendah dapat mencegah penambahan berat badan. Penelitian mengungkapkan hubungan antara diet tinggi gula dengan obesitas. Ini terutama terkait penumpukan lemak perut yang dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan serius seperti diabetes dan penyakit jantung.

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis serta memilih alternatif rendah gula dapat membantu dalam pengelolaan berat badan dan mengurangi lemak perut.

Baca Juga: Buah-buahan Ini Bantu Turunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

2. Mengontrol Gula Darah

Tingginya konsumsi gula dapat memicu resistensi insulin yang menyebabkan kadar gula darah naik dan berpotensi memicu diabetes tipe 2. Menurunkan asupan gula, bersama dengan olahraga teratur dan diet seimbang, bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Hal tersebut dapat membantu sel-sel Anda menyerap gula darah lebih efisien dan mengurangi risiko diabetes.

3. Menyehatkan Jantung

Gula tambahan memiliki keterkaitan langsung maupun tidak langsung dengan penyakit jantung. Asupan gula yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan trigliserida, yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengurangi konsumsi gula tambahan bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan mempertahankan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida pada level yang sehat.

Baca Juga: Inilah Pengganti Gula yang Alami dan Sehat untuk Dikonsumsi, Cek Moms!

4. Menjaga Kesehatan Gigi

Gula adalah pemicu utama kerusakan gigi karena menghasilkan asam yang merusak enamel gigi. Mengurangi gula tambahan bisa mengurangi risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Praktik kebersihan mulut yang baik, termasuk menyikat gigi secara teratur dan flossing, juga penting.

5. Menurunkan Risiko Depresi

Pola makan kita dapat mempengaruhi fungsi otak dan suasana hati. Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian telah dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Beberapa penelitian menemukan hubungan antara konsumsi minuman manis dan risiko depresi yang lebih tinggi. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan ini.

Baca Juga: Kencing Berbusa Tanda Masalah pada Ginjal, Ini Penjelasan dari Dokter!

6. Menyehatkan Kulit

Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan produksi sebum yang berlebih, yang bisa memicu jerawat. Selain itu, mengurangi gula dapat membantu memperlambat penuaan kulit, karena gula bisa bereaksi dengan kolagen dan serat elastis, merusaknya.

7. Risiko Penyakit Hati yang Lebih Rendah

Penelitian menunjukkan bahwa asupan gula tambahan yang berlebihan terkait dengan penyakit hati berlemak non-alkohol. Mengurangi asupan gula, terutama dari minuman manis, dapat membantu mengurangi risiko kondisi ini.

Nah, itulah beberapa manfaat mengurangi konsumsi gula untuk kesehatan. Ada banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu dan menunda untuk mengurangi konsumsi gula sejak sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News