Bugar

8 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Apa Saja ya?

8 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Apa Saja ya?

MOMSMONEY.ID - Pakcoy adalah jenis sayuran hijau yang populer di masakan Asia, terutama masakan China. Sayuran ini tidak hanya lezat dan serbaguna dalam berbagai hidangan, tetapi juga kaya akan nutrisi yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Apa saja ya manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh?

Momsmoney telah merangkumkan delapan manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh yang luar biasa berikut ini, bersumber dari laman Medical News Today:

1. Melindungi dari Kanker

Pakcoy merupakan jenis sayuran cruciferous yang dikenal memiliki sifat anti-kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi sayuran cruciferous yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terkena kanker paru-paru, prostat, dan kolorektal.

Pakcoy mengandung folat, yang berperan penting dalam produksi dan perbaikan DNA, sehingga membantu mencegah formasi sel kanker akibat mutasi DNA.

Selain itu, pakcoy juga kaya akan vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten, yang semuanya memiliki sifat antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Uniknya, pakcoy mengandung selenium, mineral yang mendukung detoksifikasi beberapa senyawa penyebab kanker dalam tubuh, serta mencegah peradangan dan menghambat pertumbuhan tumor.

Baca Juga: 8 Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Darah Tinggi, Mau Coba yang Mana?

2. Menyehatkan Tulang

Pakcoy kaya akan nutrisi penting seperti zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng, dan vitamin K, yang semuanya mendukung pembentukan dan pemeliharaan tulang yang sehat.

Zat besi dan seng berperan dalam produksi kolagen, sedangkan fosfor dan kalsium penting untuk struktur tulang.

Vitamin K memainkan peran dalam menjaga keseimbangan kalsium di tulang, yang penting untuk mengurangi risiko patah tulang.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pakcoy mengandung kalium, kalsium, dan magnesium, yang semuanya dapat membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah secara alami. Dianjurkan untuk meningkatkan asupan kalium sambil membatasi asupan natrium untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 7 Olahraga Terbaik untuk Mengatasi Sembelit, Pencernaan Lancar Kembali

4. Menyehatkan Jantung

Folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6 dalam pakcoy, serta rendahnya kolesterol, berkontribusi pada kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah natrium dan tinggi kalium dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Anti-Peradangan

Kolin dalam pakcoy mendukung berbagai fungsi tubuh termasuk tidur, gerakan otot, belajar, dan memori, serta membantu dalam menyerap lemak dan mengurangi peradangan kronis.

Baca Juga: Daftar Kopi yang Aman untuk Asam Lambung, Ada 6 Pilihan Terbaik

6. Memperkuat Imun

Selenium dalam pakcoy memperkuat respons imun dengan merangsang produksi sel T, yang penting untuk mengidentifikasi dan menghilangkan patogen.

7. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam pakcoy esensial dalam produksi kolagen, yang membantu dalam memperbaiki dan memelihara kulit. Sifat antioksidannya melindungi kulit dari kerusakan akibat lingkungan dan membantu mengurangi keriput.

Baca Juga: Tak Disangka, Ini Manfaat Jus Alpukat untuk Asam Lambung yang Luar Biasa

8. Mengelola Diabetes Tipe 2

Meskipun beberapa studi menunjukkan bahwa sayuran cruciferous dapat membantu mengatur kadar gula darah, bukti yang ada belum cukup kuat untuk membuat kesimpulan definitif.

Namun, American Diabetes Association merekomendasikan sayuran non-tepung, termasuk sayuran cruciferous, sebagai bagian dari makanan sehat untuk penderita diabetes.

Nah, itulah beberapa manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh Anda. Tertarik untuk konsumsi sayuran yang satu ini? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News