Keluarga

10 Tips Penting Membeli Tanaman Hias bagi Pemula agar Tidak Tertipu

10 Tips Penting Membeli Tanaman Hias bagi Pemula agar Tidak Tertipu

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda mulai tertarik untuk membeli tanaman hias? Jika iya, Anda perlu menyimak tips penting membeli tanaman hias bagi pemula. 

Tips penting membeli tanaman hias bagi pemula ini akan memudahkan Anda untuk memlih tanaman yang cocok.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui tips penting membeli tanaman hias bagi pemua agar tidak tertipu. 

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Tanaman Hias Favorit di Rumah, Perhatikan 6 Hal Ini

Mengutip Balcony Garden Web, berikut tips penting membeli tanaman hias bagi pemula:

1. Periksa kondisi tanaman 

Periksa kondisi tanaman secara keseluruhan dengan cermat sebelum membawanya pulang. Cari tanda-tanda kesehatan dan hindari membeli tanaman yang rusak atau memar.

calathea lutea

Tipsnya :

- Dapatkan tanaman yang terlihat sehat dengan batang yang lembut saat disentuh, memiliki daun yang segar dan cerah.

- Jika Anda melihat bintik atau tanda pada daun, hal itu mungkin disebabkan oleh penyakit atau infeksi.

- Jika daun layu atau menguning, tolak tanaman tersebut.

- Jika Anda mencurigai kondisi tanaman, mintalah petugas pusat kebun untuk mengeluarkan tanaman dari pot untuk memeriksa akarnya dengan cermat, akar yang gelap, busuk, dan rusak menandakan tanaman tidak dalam kondisi baik.

2. Baca label tanaman 

Bacalah label tanaman dengan benar karena terdapat informasi penting tentang kebutuhan cahaya, penyiraman, dan pemupukan untuk setiap tanaman. Beberapa label juga memberitahukan tentang pemeliharaan yang rendah atau tinggi.

Jika Anda tidak yakin dengan informasi pada labelnya, Anda dapat mencari di Google atau bertanya kepada karyawan di taman kanak-kanak.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias untuk Pagar yang Bikin Tampilan Jadi Bagus dan Tidak Mudah Layu

3. Bandingkan tanaman

Pusat taman memiliki banyak tanaman dengan varietas yang sama, sehingga memudahkan Anda memilih tanaman terbaik, dan membandingkan kualitas serta tampilannya dengan tanaman lainnya.

Pilihlah tanaman yang lebih lebat atau subur tanpa tanda dan kerusakan pada daunnya.

4. Carilah hama

Saat membeli tanaman hias, periksalah dengan cermat apakah ada hama atau penyakit. 

Umumnya, serangga atau hama bersembunyi di bagian bawah dedaunan atau di ujung tanaman yang sedang tumbuh, sehingga sulit untuk menemukannya sekaligus. 

Luangkan waktu Anda sendiri untuk memeriksa tanaman dari seluruh penjuru untuk memastikannya.

Periksa hama umum seperti sisik, kutu daun, dan tungau. Periksa juga dengan baik apakah tanaman memiliki bintik hitam, lubang, lecet, distorsi, atau daun lengket.

5. Perhatikan ukuran 

Tanaman kecil dan besar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Varietas yang lebih kecil berbiaya rendah sedangkan varietas yang besar sudah matang dan kuat dibandingkan jenis yang kecil. Pabrik besar juga bisa lebih mahal.

Misalnya, tanaman berukuran 1-2 kaki bisa lebih murah dibandingkan tanaman berukuran panjang 5-6 kaki. Pilih yang sesuai dengan anggaran dan ruang Anda.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Aquarium Terbaik yang Bisa Tumbuh di Air, Punya Manfaat untuk Ikan

6. Carilah anakan 

Saat membeli sukulen, selalu cari tanaman yang memiliki lebih banyak anakan di dalam pot. Ini akan memungkinkan Anda menanam lebih banyak tanaman dengan menggunakannya!

Demikian pula, saat membeli tanaman laba-laba, carilah tanaman yang terdapat laba-laba yang bergelantungan/tumbuh di sana. Anda dapat memperbanyaknya dengan mudah di pot berbeda!

Ada baiknya juga untuk membeli tanaman yang memiliki akar yang terikat karena akan memudahkan Anda memperbanyaknya dengan pembagian.

7. Jangan membeli tanaman yang mekar 

Hindari membeli tanaman yang sedang mekar penuh. Meskipun mereka mungkin menggoda Anda dengan penampilannya, bunganya akan memudar dalam 2-3 hari dan kemudian membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh.

Sebaiknya pilih tanaman yang memiliki sedikit atau banyak kuncup bunga. 

8. Jangan lupa menawar

Bunga Easter Lily

Jangan membayar harga yang diminta oleh pusat kebun atau pembibitan untuk tanaman tersebut. Selalu tawar-menawar untuk memastikan Anda mencapai kesepakatan yang tepat.

Sebaiknya kunjungi setidaknya 2-3 pusat taman atau pembibitan untuk membandingkan harga, lalu pilih salah satu yang menawarkan harga termurah!

Baca Juga: Daftar Tanaman Keberuntungan Bawa Energi Positif di Rumah, Ini Rekomendasinya

9. Minta harga tanaman murah

Pusat kebun dan pembibitan selalu penuh dengan tanaman yang mungkin tidak ada peminatnya, karena masalah kecil seperti penyakit ringan atau hama. 

Jika Anda menunjukkan minat pada tanaman tersebut, mereka akan dengan senang hati berpisah dengannya dan akan memberi Anda tanaman tersebut dengan harga murah atau bahkan gratis!

10. Pilih tanaman sesuai dengan paparan cahaya di rumah

Jika Anda memiliki pencahayaan menghadap ke timur atau selatan dengan jendela dan balkon yang mendapat cahaya selama 3-5 jam, Anda dapat menggunakan tanaman apa pun pilihan Anda, terutama bunga.

Jika rumah Anda tidak cukup terang dan sebagian besar jendela menghadap ke barat, maka Anda harus memilih tanaman yang menyukai naungan seperti impatiens, primrose, coleus, dan oxalis yang dapat berfungsi baik jika terkena cahaya tidak langsung. 

Apa pun jenis tanamannya, paparan sinar matahari minimal 1-2 jam dalam 2-3 hari adalah hal yang penting dan merupakan hal terbaik untuk pertumbuhannya.

Nah, itulah tips penting membeli tanaman hias bagi pemula. Anda wajib menyimaknya agar mendapatkan tanaman hias yang bagus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News