Keluarga

5 Tanaman Hias Aquarium Terbaik yang Bisa Tumbuh di Air, Punya Manfaat untuk Ikan

5 Tanaman Hias Aquarium Terbaik yang Bisa Tumbuh di Air, Punya Manfaat untuk Ikan

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda bahwa ada tanaman hias aquarium terbaik yang bisa tumbuh di air? Ya, ada beberapa tanaman hias aquarium terbaik yang dapat tumbuh di air. 

Tanaman hias aquarium terbaik yang bisa tumbuh di air ini ternyata memiliki manfaat bagi ikan peliharaan.

Menanam tanaman hias aquarium akan mencegah pertumbuhan alga dan memberikan perlindungan bagi ikan. 

Saat Anda menanam tanaman hias di akuarium, ini dikenal sebagai aquaponik, karena menggabungkan akuakultur dengan hidroponik.

Jadi, Anda bisa melihatnya sebagai sistem produksi pangan dimana limbahnya memberikan nutrisi bagi tanaman Anda di akuarium.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Hias Gantung agar Tumbuh Subur dan Cantik

Mengutip Plantly, berikut tanaman hias aquarium terbaik yang bisa tumbuh di air:

1. Philodendron 

Philodendron �Burle Marx�

Saat ini, tidak semua spesies Philodendron bisa tumbuh di akuarium ikan. Dua tanaman rumah terbaik untuk tumbuh di air adalah Philodendron cordatum (Heart-Leaf Philodendron) dan Philodendron micans (Velvet-Leaf Vine Philodendron.)

Kedua tanaman hias ini serupa dalam hal kebutuhannya yang terus meningkat. Bedanya, Philodendron Daun Beludru tumbuh secara horizontal sedangkan Philodendron Daun Hati tumbuh lurus ke atas.

Hal penting lainnya adalah Anda bisa merendam akarnya di dalam air, tetapi tanaman merambat harus tetap berada di udara terbuka.

Ikan Anda akan menggigit akarnya karena tidak beracun, tetapi daunnya tidak boleh menyentuh permukaan air karena akan membuat perut ikan Anda buncit.

Tanaman ini akan membersihkan racun di dalam air seperti amonia, Nitrat, dan nitrit; mereka adalah tanaman yang paling mudah untuk ditanam.

Namun, untuk membersihkan karbon dioksida dalam jumlah besar, Anda dapat menambahkan tanaman air untuk mendapatkan hasil terbaik.

Oleh karena itu, ini adalah situasi yang saling menguntungkan, tetapi tetap pantau kesehatan tanaman Anda.

Baca Juga: 17 Manfaat Ikan Salmon yang Menakjubkan, Baik untuk Jantung & Diet Sehat

2. Pothos

Epipremnum aureum, lebih dikenal dengan nama Pothos, adalah tanaman akuarium populer yang dikenal dengan nama Devil's Ivy. Tanaman ini sulit dibunuh, bertahan dalam cahaya redup, dan tumbuh dengan baik dalam sistem hidroponik.

Kekhawatiran terbesar Philodendron adalah dedaunannya beracun bagi manusia dan hewan. Jadi, bisa tumbuh di akuarium ikan jika hanya akarnya yang terendam dan daunnya jauh dari air.

Dengan daunnya yang hijau, tanaman dalam ruangan ini tumbuh dengan cepat di air yang banyak kotoran ikan dan bioload yang banyak. Namun, sebelum Anda menanam tanaman hias di akuarium ikan Anda, bersihkan akarnya dari pupuk dan kotoran.

Jika Anda memiliki ikan pemakan tumbuhan , kami sarankan untuk menempatkan Pothos Anda di dalam filter yang digantung jauh dari motor filter untuk mencegah akar tumbuh ke dalam impeler.

Tanaman Anda akan mengembangkan tanaman merambat panjang yang dapat Anda pandu ke dinding atau di sepanjang rak.

Akarnya yang berserabut menciptakan hutan bagi ikan Anda untuk berenang. Jadi, seperti halnya Philodendron, biarkan Pothos Anda terendam sebagian.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Shisamo untuk Anak dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

3. Tanaman Laba-laba

Nama ilmiahnya Chlorophytum comosum, Tanaman Laba-laba, merupakan tanaman latar depan yang sangat baik di akuarium ikan.

Meski begitu, Spider Plants merupakan tumbuhan terestrial yang hidup di pinggir kolam. Mereka tumbuh subur dalam kelembapan tinggi dan tumbuh dengan baik di air tangki ikan.

Namun, seperti tanaman rumah lainnya, tanaman ini tidak boleh terendam air. Jaga ujung akar tetap di dalam air dengan tajuk berada di atas garis air untuk mencegah dedaunan menjadi basah.

Meskipun demikian, jangan berharap tanaman dapat membersihkan airnya, karena Anda tetap perlu mengganti air setiap lima hingga tujuh hari.

Jadi, periksalah perubahan warna pada air untuk mengetahui sudah waktunya menyegarkannya. Hal penting lainnya adalah menjaga suhu air agar sesuai dengan pertumbuhan tanaman.

Tanaman ini, seperti disebutkan, dapat tumbuh subur dalam cahaya rendah hingga sedang.

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

4. Monstera

Monstera adalah tanaman berdaun lebar lainnya yang dapat tumbuh subur di kondisi air. Namun, kita harus ingat bahwa Monstera bukanlah tanaman air tetapi sangat mudah beradaptasi terhadap kondisi pertumbuhan yang berbeda.

Hal penting lainnya adalah Anda dapat menanamnya di air, tetapi mereka tidak akan tumbuh sebesar Monstera deliciosa yang tumbuh di wadah dengan tanah yang memiliki drainase yang baik.

Selain itu, meskipun ini adalah tanaman yang ramah bagi pemula untuk tumbuh, selalu awasi tanaman Anda.

Namun, seperti kebanyakan tanaman hias dibandingkan dengan tanaman akuarium, tanaman tersebut tidak boleh terendam seluruhnya di dalam air. Hanya biarkan akar berada di dalam air dengan tajuk berada di atasnya, sehingga dapat memanjat.

Baca Juga: 6 Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan dan Ibu Hamil Serta Kandungan Nutrisinya

5. Peace Lily 

Nama ilmiah Spathiphyllum atau Peace Lilies merupakan tanaman unik yang dapat tumbuh di aquaponik, air tangki ikan, dan akuarium. Ia memiliki daun hijau tua yang besar dan cepat berkembang biak. Namun, akarnya perlu dipangkas untuk mengendalikan pertumbuhannya.

Pemeliharaan tanaman rendah dan tumbuh subur pada suhu 60°F hingga 80°F dengan tingkat pH antara 5,8 dan 6,5. Peace Lilies dapat mencapai hingga 24 inci dan tidak membutuhkan pupuk selain pencahayaan yang terang.

Seperti kebanyakan akuarium yang ditanam menggunakan tanaman rumah, mahkotanya harus tetap berada di atas air agar dapat bertahan hidup.

Nah itulah beberapa tanaman hias aquarium yang dapat Anda coba untuk menanam aquaponik di rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News