Santai

Tanaman Hias Berduri yang Berbunga Indah, Cocok Ditanam di Taman

Tanaman Hias Berduri yang Berbunga Indah, Cocok Ditanam di Taman

MOMSMONEY.ID - Semua orang tahu tanaman hias berduri yang memiliki bunga indah. Nah, tanaman hais berduri berikut ini cocok untuk ditanam di taman. 

Tanaman hias berduri ini memiliki perawatan yang tidak mudah. Sebaiknya, Anda menghindari merawat tanaman hias berduri apabila memiliki hewan peliharaan dan anak kecil. 

Meski demikian, tanaman hias berduri yang berbunga indah ini dapat Anda manfaatkan di taman. Lalu, apa saja tanaman hias berduri yang berbunga indah?

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Tahan Panas Terik Matahari, Tidak akan Layu

Mengutip Retire Fearless, berikut tanaman hias berduri yang berbunga indah: 

1. Bugenvil

Tanaman Bougainvillea merupakan tanaman semak berduri dengan sulur panjang yang menumbuhkan daun-daun indah yang bertunas menjadi bunga berwarna-warni. 

Biasanya, Anda akan melihat mekarnya bunga berwarna putih tetapi warnanya sangat bervariasi dan bisa juga berwarna biru, ungu, atau merah muda.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga sepanjang 40 kaki  dan merupakan semak yang selalu hijau jika Anda tinggal di daerah dengan curah hujan tahunan.

Jika daerah anda mengalami musim kemarau, maka daerah tersebut akan mengalami musim gugur dan musim dingin dengan kehilangan daun-daunnya.

2. Mawar

Bunga mawar

Mawar adalah salah satu bunga paling terkenal dan populer di dunia. Ini adalah semak berbunga abadi dengan ribuan spesies berbeda yang mekar di seluruh dunia, dan hampir semuanya tumbuh dengan batang atau tanaman merambat yang berduri.

Mawar telah berevolusi dengan duri ini untuk membantu menjaga diri mereka aman dari predator. Dipercaya juga bahwa mereka mungkin berevolusi dengan cara ini karena semua serangga di habitat alami bunga mencoba mencuri serbuk sari mereka.

Baca Juga: Waspadai 9 Tanaman Hias Beracun yang Ada di Sekitar Rumah, Bisa Menyebabkan Iritasi

3. Firethorn

Tanaman ini memiliki duri tajam yang melindungi kuncup mirip buah beri saat mekar yang tumbuh selama akhir musim semi atau awal musim panas.

Bunga semak ini merupakan buah pyracantha yang dikenal dengan nama pome. Warnanya bisa merah, oranye, atau kuning dan agak beracun serta tidak aman untuk dikonsumsi manusia.

Tapi, pertumbuhannya sangat menyenangkan dan memberikan tampilan estetika yang bagus untuk taman rumah mana pun.  

Manfaat tanaman hias berduri di taman 

Selain estetika, ada beberapa manfaat tanaman hias berduri di taman: 

1. Pelindung

Manfaat pertama adalah bagus untuk privasi. Hal itu akan menghalangi orang untuk mengintip ke halaman atau properti yang ada di belakangnya. 

Mereka dapat melindungi rumah Anda dari penyusup. Jika ada penyusup yang mencoba memasuki properti Anda, ada kemungkinan mereka akan tertusuk duri.

Mereka juga dikenal memberikan privasi. Mereka cenderung tumbuh lebih besar dan menghalangi pandangan orang-orang di sisi lain properti Anda sehingga memberikan privasi bagi Anda dan keluarga.

Baca Juga: 8 Tren Tanaman Hias Tahun 2024, Monstera Tetap Jadi Primadona

2. Menjauhkan dari hewan yang tidak diinginkan

Tanaman ini bermanfaat karena memberikan perlindungan bagi berbagai satwa liar dan menjaga taman Anda bebas dari hama yang tidak diinginkan.

3. Menarik

Tanaman berduri bermanfaat karena mempunyai penampilan yang menarik. Mereka mengeluarkan aroma yang menarik serangga penyerbuk, yang pada gilirannya membantu reproduksi bunga lainnya.

Tanaman ini memberikan bentuk perlindungan alami yang sangat baik untuk rumah dan kebun dengan bertindak sebagai penghalang untuk menjauhkan hewan pengerat dan hama lainnya dari kebun dan rumah. 

Hanya dengan melihat beberapa tanaman yang tercantum, Anda sudah bisa membayangkan indahnya tanaman mawar atau tanaman bugenvil di dekat rumah Anda.

Nah, itulah beberapa tanaman hias berduri yang berbunga indah beserta manfaatnya. Tertarik untuk merawatnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News