Bugar

10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Diet, Bantu Turunkan BB

10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Diet, Bantu Turunkan BB

MOMSMONEY.ID - Sedang berusaha menurunkan berat badan alias BB? Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk diet ini, yuk!

Memilih makanan yang tepat adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Banyak orang beranggapan bahwa mengurangi asupan karbohidrat adalah solusi cepat untuk melangsingkan tubuh. Namun, tidak semua karbohidrat buruk.

Ada karbohidrat yang justru membantu dalam menurunkan berat badan karena membuat kita merasa kenyang lebih lama dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

Merangkum dari laman Hello Sehat dan Diet Sehat, berikut adalah rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat untuk diet:

1. Beras Merah

Beras adalah salah satu sumber karbohidrat yang populer, terutama di Indonesia. Jika Anda tidak bisa melewatkan nasi, pertimbangkan untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Beras merah memiliki lebih banyak serat dan indeks glikemik yang lebih rendah. Konsumsi beras ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama tanpa menyebabkan lonjakan gula darah.

Baca Juga: Khasiat Biji Mahoni Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya, Ada 11 Manfaat

2. Umbi-umbian

Di Indonesia, umbi-umbian seperti ubi jalar dan kentang adalah sumber karbohidrat yang populer. Keduanya tinggi serat, terutama jika dimakan dengan kulitnya.

Kentang mengandung pati resisten yang dapat mendukung penurunan berat badan. Hindari mengolahnya dengan cara menggoreng atau menambahkan bumbu tinggi natrium.

3. Pisang

Pisang adalah buah yang cocok sebagai sumber karbohidrat dalam diet Anda. Kaya akan karbohidrat dan rendah kalori, pisang juga mudah didapat dan terjangkau.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber karbohidrat yang baik untuk diet. Selain itu, beberapa jenis kacang mengandung asam lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan.

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang hijau, kacang mete, kacang polong, dan kacang merah dapat dicerna secara perlahan, sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Ketahui 10 Jenis Buah yang Tinggi Gula, Mangga Termasuk Lo

5. Sayuran

Sayuran bukan hanya sumber vitamin dan mineral, tetapi juga karbohidrat kompleks yang baik untuk diet. Dengan kandungan serat tinggi dan kalori rendah, sayuran seperti jamur, wortel, labu oranye, terong, dan brokoli dapat membantu menjaga kenyang lebih lama.

6. Gandum

Gandum, terutama dalam bentuk utuh, adalah sumber karbohidrat kompleks yang rendah lemak dan kaya serat serta nutrisi lainnya. Mengonsumsi gandum, seperti dalam pasta gandum, roti gandum, dan sereal gandum dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 13 Daftar Makanan Pelancar Peredaran Darah Terbaik, Coba yuk

7. Oat

Oat adalah pilihan lain yang kaya karbohidrat dan serat, yang membantu mengontrol gula darah dan menurunkan kolesterol. Oat dapat diolah menjadi oatmeal atau dicampur dalam smoothies dan kue. Namun, hindari menambahkan bahan berkalori tinggi.

8. Buah Bit

Buah bit adalah sumber karbohidrat yang baik, kaya akan serat, protein, dan rendah lemak. Kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi, buah bit juga membantu dalam mengontrol diabetes dan tekanan darah.

Baca Juga: Konsumsi 6 Minuman yang Ampuh Menurunkan Gula Darah Ini, Yuk!

9. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang bebas gluten dan merupakan sumber karbohidrat, protein, dan serat nabati yang kaya. Quinoa dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi, dalam salad, atau sebagai bahan kue.

10. Kentang

Kentang adalah sumber karbohidrat yang sangat baik yang bisa menjadi pengganti nasi. Mengandung pati resisten yang tidak dicerna oleh tubuh, kentang dapat mempercepat penurunan berat badan.

Kentang lebih baik dikonsumsi dengan kulitnya yang kaya serat, vitamin C, dan kalium. Hindari menggoreng kentang untuk meminimalkan asupan lemak. Sebaiknya pilih metode memasak seperti mengukus atau merebus.

Baca Juga: Kenapa Diabetes Menyerang Kaki? Ini Penjelasannya

Nah, itulah rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat untuk diet. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News