Bugar

Madu untuk Asam Lambung yang Ampuh, Ada Madu Manuka

Madu untuk Asam Lambung yang Ampuh, Ada Madu Manuka

MOMSMONEY.ID - Madu Manuka disebut sebagai jenis madu untuk asam lambung yang ampuh. Intip ulasannya di sini.

Berdasarkan informasi dari Healthline, madu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Walaupun belum ada penelitian besar yang memadai untuk memastikan efektivitas madu sebagai pengobatan, beberapa penelitian kecil telah menunjukkan manfaatnya.

Sebuah studi kecil pada tahun 2024 menemukan, madu manuka efektif dalam mengobati penyakit asam lambung, dengan hasil seperti berikut:

  • Penurunan gejala umum, termasuk nyeri ulu hati dan regurgitasi.
  • Perbaikan kondisi esofagitis, yaitu peradangan pada kerongkongan.
  • Viskositas madu membantu melapisi kerongkongan.

Baca Juga: Hindari, ya! Ini Jenis Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Tidak ada dosis khusus yang direkomendasikan untuk konsumsi madu untuk asam lambung. Namun, dalam studi yang disebutkan, para peneliti menggunakan 5 gram madu manuka yang dikonsumsi tiga kali sehari.

Anda bisa memulai dengan dosis ini dan menyesuaikannya sesuai dengan respons tubuh Anda terhadap madu. Jika tidak suka mengonsumsi madu langsung, Anda bisa mencampurkannya dengan segelas air hangat atau teh.

Madu juga bisa dicampur ke dalam susu hangat atau yogurt untuk mendapatkan efek yang lebih menenangkan. Kebanyakan orang bisa mengonsumsi madu tanpa mengalami efek samping yang merugikan.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Meredakan Asam Lambung Anda, Layak Dicoba lo

Namun, penting untuk diingat bahwa madu bisa mempengaruhi kadar gula darah. Jika Anda memiliki diabetes, gula darah rendah, atau sedang minum obat yang berpengaruh pada gula darah, sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mencoba madu.

Selain itu, jika Anda sedang menjalani pengobatan lain, hamil, atau menyusui, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda.

Perlu juga dicatat bahwa madu tidak aman untuk bayi dan anak-anak kecil. Jika Anda mengalami efek samping yang tidak biasa setelah mengonsumsi madu, sebaiknya hentikan konsumsi dan segera mencari bantuan medis.

Demikianlah ulasan lengkap terkait madu untuk asam lambung yang ampuh. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News