Bugar

Yuk Ketahui Penyebab Kanker Rahim di Usia Muda!

Yuk Ketahui Penyebab Kanker Rahim di Usia Muda!

MOMSMONEY.ID - Ini lo faktor penyebab kanker rahim di usia muda, mulai dari kebiasaan merokok!

Kanker rahim bisa disebut sebagai salah satu penyakit yang mematikan bagi perempuan. Sebab, kanker rahim pada tahap awal sangat sulit dideteksi. Banyak perempuan mengetahui dirinya terinfeksi kanker rahim saat sudah di stadium tiga. 

Baca Juga: Yuk Pahami Cara Membuat dan Ukuran Porsi MPASI Bayi 6 Bulan!

Jika Anda termasuk orang yang sangat memperhatikan soal kanker rahim, tentu Moms perlu tahu penyebab kanker rahum di usia muda. 

Melansir Icon Cancer Centre Singapore, sebenarnya kanker rahim adalah kanker yang paling umum menyerang perempuan berusia 30 hingga 49 tahun. Kanker sangat jarang terjadi pada usia muda di bawah 25 tahun. 

Adapun kanker rahim adalah pertumbuhan sel yang tidak normal pada leher rahim.Penyebab kanker serviks disebabkan oleh infeksi persisten oleh virus human papillomavirus (HPV) berisiko tinggi. Melansir Mayo Clinic, HPV ditularkan melalui hubungan seksual. 

Namun bagi kebanyakan oang virus ini bisa hilang dengan sendirinya. Sedangkan bagi sebagian orang, virus HPV bisa menyebabkan perubahan sel dan memicu terjadinya kanker. 

Baca Juga: Kapan Usia yang Tepat Melakukan Vaksin HPV yang Bisa Cegah Kanker Rahim?

Selain itu, melansir berbagai sumber faktor lain yang memperbesar risiko terjadinya kanker di usia muda adalah:

  • Merokok. Merokok bisa menyebabkan lebih berisiko terkena kanker rahim karena infeksi HPV pada orang yang merokok bertahan lebih lama dan kecil kemungkinannya untuk hilang.
  • Berganti-ganti pasangan seks. Semakin banyak jumlah pasangan dalam berhubungan seksual, maka semakin berisiko Anda mendapatkan virus HPV penyebab kanker rahim. 
  • Berhubungan seksial di usia yang masih sangat muda meningkatkan risiko Anda tertular virus HPV.
  • Memiliki infeksi menular seksual lainnya juga meningkatkan risiko Anda terkena kanker rahim. 
  • Sistem imun yang lemah memungkinkan Anda mudah terserang virus HPV.
  • Pernah mengonsumsi obat pencegah keguguran yaitu Diethylstilbesterol yang pernah diedarkan ditahun 1950an. 

Demikian informasi penyebab kanker rahim di usia muda. Yuk ubah gaya hidup jadi lebih sehat demi melindungi diri sendiri dan keluarga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News