Bugar

Ini Lo Gejala Kanker Rahim Stadium 1, Keputihan hingga Pendarahan

Ini Lo Gejala Kanker Rahim Stadium 1, Keputihan hingga Pendarahan

MOMSMONEY.ID - Yuk kenali gejala kanker rahim stadium 1, segera ke dokter jika alaminya!

Melansir WHO, kanker rahim adalah jenis kanker keempat yang paling umum menyerang perempuan di dunia. Per 2020 setidaknya ada 604.000 kasus baru dan 342.000 kematian karena kanker rahim. 

Nah masalahnya, sebanyak 90% kematian dari total 342.000 jiwa tersebut banyak terjadi di negara berpendapatan menengah dan rendah. Adapun kematian tertinggi karena kanker rahim banyak terjadi di Afrika, Amerika Tengah dan Asia Tenggara.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit Kering dan Kulit Sensitif pada Bayi, Gimana?

Meski angka kematian cukup tinggi, kanker rahim tetap saja bisa diobati jika didiagnosa dan diobati sedini mungkin. Salah satu cara utamanya adalah melakukan vaksin di usia 9-14 tahun dan rutin melakukan pemeriksaan serviks setiap 5-10 tahun sekali mulai usia 30 tahun. 

Nah, fase awal kanker rahim disebut juga kanker rahim stadium 1. Bagaimana mengetahui gejala kanker rahim stadium 1? Berikut gejala kanker rahim:

  • Adanya pendarahan yang tidak biasa di antara periode menstruasi, setelah menopause atau setelah melakukan hubungan seks.
  • Keputihan meningkat dan berbau busuk
  • Terasa nyeri terus-menerus di punggung, kaki atau panggul
  • Kelelahan, kehilangan nafsu makan dan berat badan turun
  • Ada rasa tidak nyaman pada vagina
  • Ada pembengkakan di kaki

Kanker rahim stadium 1 berarti kanker hanya terjadi di leher rahim. Penanganan utama untuk kanker rahim stadium 1 adalah operasi yang bisa juga dikombinasikan dengan radioterapi dan kemoterapi. 

Kanker rahim stadium 1 memberi tahu Anda seberapa besar sel kanker dan penyebarannya. Nah kanker rahim stadium 1 dibagi menjadi dua yaitu stadium 1A dan stadium 1B. 

Kanker rahim stadium 1A menunjukan pertumbuhan sel kanke yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop. Kanker rahim stadium 1A dibagi lagi menjadi stadium 1A1 dan 1A2. 

Kanker rahim stadium 1A1 berarti sel kanker yang ditemukan berukuran kurang dari 3 mm. Sedangkan kanker rahim stadium 1A2 menunjukan sel kanker sudah berukurna 3-5 mm. 

Baca Juga: Promo Golden Lamian 20-22 Desember: Lamian, Ayam Hongkong dan Hainan Rp 78.000

Kanker rahim stadium 1B menunjukan area yang terkena sel kanker sudah lebih besar namun kanker masih di dalam serviks dan belum menyebar. Ukuran kanker sudah lebih besar dari 5mm. 

Kanker rahim stadium 1B dibagi menjadi tiga yaitu stadium 1B1, stadium 1B2 dan stadium 1B3. Kanker rahim stadium 1B1 berukuran lebih dari 5mm dan kurang dari 2cm. 

Kanker rahim stadium 1B2 berukuran minimal 2cm namun kurang dari 4cm. Sedangkan kanker rahim stadium 1B3 lebih besar dari 4 cm namun masih di bagian leher rahim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News