Keluarga

Yuk Intip Cara Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari!

Yuk Intip Cara Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari!

MOMSMONEY.ID - Membuat perubahan pada pola makan dan gaya hidup bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Sehingga tidur bisa lebih nyenyak di malam hari. 

Melansir Healthline, tidur nyenyak di malam hari sama pentingnya seperti latihan rutin dan menjalani pola makan yang sehat. Penelitian menunjukan bahwa tidur yang buruk bisa memberikan efek negatif pada hormon, performa latihan dan fungsi otak. 

Ini juga bisa meningkatkan berat badan Anda dan meningkatkan risiko mudah terserang penyakit pada anak-anak dan orang dewasa. 

Baca Juga: Seni Jadi Bagian Tak Terpisahkan dalam Kehidupan Manusia

Sebaliknya, kualitas tidur yang baik bisa membuat Anda mengurangi porsi makan, latihan dengan baik dan meraa lebih sehat. Nah jika Anda kesulitan tidur nyenyak dan berkualitas, yuk simak tipsnya di bawah ini!

Begini 5 cara tidur lebih nyenyak di malam hari

Meningkatkan terpaan cahaya cerah di siang hari
Tubuh Anda memiliki jam alami yang disebut ritme sirkadian yang bisa mempengaruhi otak, tubuh dan hormon yang membantu Anda tetap terjaga dan memberi tahu tubuh kapan waktunya untuk tidur. 

Nah cahaya alami di siang hari bisa membantu kesehatan ritme sirkadian Anda. Ini bisa meningkatkan energi di siang hari serta kualitas tidur dan durasinya di malam hari. 

Bagi penderita insomina, cahaya di siang hari bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Terpapar sinar ini di siang hari juga bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur hingga 38%. 

Kurangi cahaya biru di malam hari
Terpapar cahaya biru di malam hari memberikan efek negatif pada kualitas tidur Anda. Ini juga terkait dengan ritem sirkadian Anda yang menipu otak untuk berpikir bahwa ini masih siang saat terpapar cahaya biru. 

Ini akan mengurangi hormon melatinin yang membantu Anda unruk rileks dan tidur nyenyak. Nah biasanya cahaya biru ini muncul dari gawai Anda seperti handphone dan layar komputer. 

Jangan mengonsumsi kafein di malam hari
Kafein memiliki banyak sekali manfaat dan disenangi banyak orang. Satu dosis kafein bisa meningkatkan fokus, energi dan stamina Anda. 

Baca Juga: Viu Hadirkan Serial Baru Bad Boys VS Crazy Girls

Namun mengonsumsi kafein di malam hari bisa menstimulasi sistem saraf dan mungkin membuat tubuh Anda tidak bisa bersantai secara alami di malam hari. Sehingga Anda tidak dianjurkan mengkonsumsi kafein setelah jam 3 atau 4 sore. 

Jangan tidur siang dengan durasi yang panjang
Jika tidur siang sebentar memberikan manfaat, tidur siang yang terlalu panjang bisa mempengaruhi tidur di malam hari. Tidur siang yang panjang bisa membingungkan sistam jam pada tubuh Anda. 

Coba untuk tidur dan bangun di waktu yang sama
Tubuh Anda memiliki ritme sirkadian yang berfungsi dalam putaran tertentu, menyelaraskan dengan matahari terbit dan terbenam. Jadi konsisten dengan tidur Anda dan bangun di waktu yang sama bisa memperbaiki kualitas tidur Anda lo!

Nah itu tadi 5 tips cara bisa tidur nyenyak di malam hari. Yuk terapkan supaya tidur Anda makin berkualitas dan tidak mengganggu aktivitas harian!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News