Keluarga

Yuk Intip Cara Mengurangi Sampah Makanan, Mudah Lo!

Yuk Intip Cara Mengurangi Sampah Makanan, Mudah Lo!

MOMSMONEY.ID - Sampah makanan juga jadi salah satu penyumbang sampah yang cukup besar lo! Yuk mulai mengurangi sampah makanan mulai dari rumah sendiri. 

Memang membuang makanan sisa terasa lebih mudah dari pada mengolahnya lagi. Namun bayangkan jika Anda terus-terusan membuang sisa makanan. Suatu saat tempat penampungan sampah di daerah Anda bisa saja penuh dan Anda kerepotan bagaimana harus membuangnya. 

Baca Juga: Apa Itu Sleep Training? Ini 5 Metode Sleep Training yang Bisa Diterapkan

Maka dari itu, melansir Love to Know ada beberapa cara mengurangi sampah makanan yang bisa Anda ikuti!
Gunakan bahan sisa untuk membuat kaldu sendiri
Cara mengurangi sampah makanan pertama adalah membuat kaldu daging atau kaldu sayuran sendiri. Anda bisa menggunakan sisa makanan. 

Cukup masukkan kulit, batang atau tulang setelah makan ke dalam panci untuk direbus perlahan dalam air. Ini akan menghilangkan rasa dan nutrisi yang luar biasa dari potongan itu dan menciptakan kaldu buatan sendiri yang lezat. 

Sumbangkan bahan-bahan dapur layak konsumsi
Saat kita kerap membuang bahan makanan, ada segelintir orang yang merasakan krisis pangan. Coba cari lembaga yang bisa menyalurkan bantuan bahan makanan ke daerah krisis tersebut dan sumbangkan bahan-bahan dapur yang masih layak konsumsi.

Panggang roti basi menjadi kue kering salad
Saat roti Anda terasa keras dan membuat gigi patah, ini saatnya berhenti mengirisnya. Namun jangan langsung buang roti tersebut. Ini saatnya Anda mengurangi sampah makanan dengan mengubah roti basi jadi roti panggang pelengkap salad.

Iris menjadi kotak-kotak kecil dan panggang ke dalam oven. Tambahkan sedikit minyak zaitun, bawang putih, parmesan dan rosemary untuk menambah rasa yang kuat. Kemudian simpan saja crouton ini ke wadah yang bisa ditutup rapat kemudian keluarkan saat dibutuhkan. 

Baca Juga: Intip Cara Melihat Password Email via Browser HP dan Laptop, Cukup 2 Langkah 

Jangan langsung buang buah yang sudah termakan setengah
Jika Anda suka mengunyah dan memiliki anak kecil Anda akan sering menemukan buah yang baru setengah di makan. Untuk mengurangi sampah makanan, jangan langsung buang buah tersebut. 

Sebagai gantinya, masukan kembali ke dalam lemari es dan buat jadi makanan penutup yang nikmat. Anda bisa membuat es lolipop buatan sendiri dengan bahan buah atau membuat smoothie.

Anda juga bisa menggunakan buah yang sudah terlalu matang jadi hidangan penutup. Buat makanan seperti roti pisang, muffin dan pai. 

Bekukan saus dan krim
Khusus bahan-bahan yang mudah rusak seperti saus dan krim Anda bisa membekukannya terlebih dulu. Supaya mudah digunakan kembali, bagi saus dan krim ke beberapa porsi sebelum menyimpannya di lemari pembeku.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sampah makanan di rumah. Yuk mulai dari sekarang jadi bijak dalam mengolah makanan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News