Keluarga

Yuk Ikuti Jadwal Mencuci Ini, Cari Tahu Apa yang Baiknya Dicuci Harian hingga Bulanan

Yuk Ikuti Jadwal Mencuci Ini, Cari Tahu Apa yang Baiknya Dicuci Harian hingga Bulanan

MOMSMONEY.ID - Mencuci adalah pekerjaan yang tak akan pernah selesai dan bisa membuat Anda kelelahan. Salah satu cara mengatasinya adalah membuat jadwal mencuci, apa saja yang seharusnya dicuci harian, mingguan, dan bulanan. 

Menurut laman Better Homes and Gardens, dengan membuat jadwal mencuci Anda bisa mengurangi stress dan cucian lebih terkelola dengan baik. Pada artikel ini, Anda akan menemukan daftar barang apa saja yang harus dicuci dan seberapa sering harusnya dicuci. 

Baca Juga: Begini Cara Membuat Handuk Putih Kembali Tanpa Merusaknya

Ini jadwal mencuci harian hingga mingguan

Anda harus mencuci apapun yang Anda gunakan dan pakai setiap hari setiap minggunya. Berikut daftar cucian yang harus sering Anda cuci dalam satu minggu.

  • Pakaian: pakaian yang Anda kenakan per harinya,  harus dicuci dan dilipat atau digantung di lokasi yang tepat sehingga siap dipakai lagi. Anda bisa membuat jadwal mencuci pakaian dua hari sekali.
  • Seprai: mencuci seprai setidaknya seminggu sekali dapat mengurangi kotoran, debu dan tungau. Meski seprai Anda tidak terlihat kotor, benda ini mengumpulkan banyak minyak, bakteri dan sel kulit mati.
  • Handuk: ini termasuk handuk mandi, handuk tangan, waslap, handuk piring dapur dan lap lainnya. 
  • Barang-barang halus: apapun yang kotor sepanjang minggu harus dicuci dalam jadwal harian sampai mingguan.
  • Barang-barang yang kotor: misalkan pakaian olah raga, seragam sekolah atau baju bekerja.
  • Tempat tidur hewan peliharaan: ini tergantung seberapa kotor hewan peliharaan Anda. Sebenarnya Anda bisa mencuci ini dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Baca Juga: Bisakah Mencuci Pakaian Bersamaan dengan Handuk?

Ini jadwal mencuci bulanan

Sebagian besar cucian Anda sebenarnya selesai sepanjang minggu. Nah jadwal mencuci bulanan ini adalah benda-benda yang cukup fleksibel, yang bisa Anda abaikan setiap arinya naun tetap harus dicuci setiap bulannya. 

Keset yang bisa dicuci:  keset seperti di pintu masuk atau dapur harus dicuci sebulan sekali agar tetap bersih. Namun, jika jarang digunakan bisa Anda cuci tiga bulan sekali. 

  • Selimut: ini bisa lebih jarang dicuci jika jarang digunakan. Namun selimut yang setiap hari digunakan sebaiknya dicuci satu bulan sekali. 
  • Bantal sofa: bantal harus dicuci sebulan sekali. Jika Anda tidak bisa mencucinya gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu. 
  • Sarung bantal: cuci bersamaan dengan seprai setiap satu bulan sekali. 
  • Jubah mandi dan keset mandi: meski Anda memakainya saat Anda selesai mandi, jubah mandi harus dicuci cukup sering. Hal yang sama berlaku untuk keset kamar mandi yang kalian injak.
  • Tirai mandi: saat Anda mencuci barang atau perlengkapan mandi, cuci juga tirai mandi untuk menghilangkan penumpukan sisa sabun.

Baca Juga: Ini Cara Mencuci Bantal Memory Foam, Jangan Gunakan Mesin Cuci

Jadwal mencuci tiga bulanan

Cobalah untuk mencuci barang-barang di bawah ini setiap tiga bulan sekali:

  • Bantal tidur: sarung bantal dan pelindung bantal sudah masuk dalam jadwal mingguan dan bulanan. Untuk bantal yang sering Andalan gunakan tidur, bisa dicuci sebulan sekali atau 3-4 kali setahun agar tetap segar dan dalam kondisi baik. 
  • Jaket dan mantel: Anda bisa mencuci jaket setiap tiga bulan sekali, kecuali saat jaket terkena noda dan Anda gunakan untuk aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. 
  • Sepatu dan topi: luangkan waktu untuk membersihkan topi dan sepatu yang juga terkena keringat Anda, serta sarung tangan setiap tiga bulan sekali. 

Jadwal mencuci dua tahunan

Pertimbangkan untuk mencuci barang-barang ini di seluruh rumah setiap 6-12 bulan sekali:

  • Tirai jendela: cuci setidaknya 6-12 bulan sekali. Ikuti instruksi cara pencucian dan pertimbangkan untuk memakai vacuum cleaner untuk menghilangkan debu terlebih dahulu. 
  • Kasur: bersihkan dan rawat noda pada kasur untuk menjaganya tetap bersih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News