Bugar

Mengulik Khasiat Kopi Hitam untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Mengulik Khasiat Kopi Hitam untuk Diet Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Disebut-sebut cocok untuk diet. Seberapa ampuh khasiat kopi hitam untuk diet menurunkan berat badan?

Aroma yang khas dan rasa yang kuat dari kopi hitam tidak hanya mampu mengusir kantuk, tetapi juga memiliki manfaat tersembunyi dalam mendukung program diet untuk menurunkan berat badan.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa minum kopi hitam dapat membantu beberapa orang dalam menurunkan berat badan.

Salah satu kunci dari manfaat ini adalah kandungan asam klorogenat dalam kopi hitam. Asam ini berfungsi dengan melambatkan pelepasan glukosa ke dalam darah setelah makan.

Baca Juga: Apa Saja Keluhan Penderita Asam Urat? Inilah 9 Keluhan Umumnya

Ketika kadar glukosa darah lebih rendah, ini dapat membantu dalam mengurangi berat badan. Selain itu, asam klorogenat juga bisa bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah tinggi, yang juga dapat memainkan peran dalam mengurangi lemak tubuh.

Kopi hitam adalah minuman yang hampir tidak mengandung kalori. Hal ini karena kopi hitam biasanya dikonsumsi tanpa penambahan gula, susu, atau krim.

Berbeda dengan minuman kopi lain seperti es moka yang kaya akan kalori dan bisa menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.

Melansir dari LifeMD, berikut adalah informasi nutrisi dari secangkir kopi hitam ukuran delapan ons:

  • Lemak: 0%
  • Kolesterol: 0%
  • Natrium: 0%
  • Karbohidrat: 0%
  • Gula: 0%
  • Kalium: 4%

Baca Juga: Yuk, Coba Konsumsi 11 Jus Penurun Kolesterol Tercepat Berikut Ini

Dari data tersebut, terlihat bahwa kopi hitam tidak mengandung kalori, lemak, atau kolesterol, dan menjadikannya pilihan yang bagus jika Anda sedang mencoba mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan.

Namun, penting untuk diingat bahwa kopi hitam memiliki nilai gizi yang sangat rendah, yang berarti tidak menyediakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Kafein, yang terdapat dalam kopi, merupakan stimulan alami yang dapat meningkatkan metabolisme Anda. Studi telah menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas metabolisme ini dapat membantu dalam pembakaran lemak.

Kandungan kalium dan magnesium dalam kopi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda, yang berarti meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat istirahat.

Baca Juga: Sendawa Terus Menerus Tanda Apa? Inilah Beberapa Penyebabnya

Kafein juga dikenal bisa merangsang tubuh untuk melepaskan lebih banyak enzim yang membantu membakar lemak, yang bisa mendukung penurunan berat badan.

Selain itu, banyak yang percaya bahwa kafein dapat membantu mengurangi rasa lapar, yang bisa mengurangi asupan makanan secara keseluruhan, meskipun bukti ilmiahnya masih beragam.

Kopi hitam sering digunakan sebagai minuman sebelum berolahraga karena dapat meningkatkan kinerja dan ketahanan saat beraktivitas fisik. Ini juga bisa menyebabkan pembakaran kalori yang lebih banyak.

Kopi hitam juga kaya akan antioksidan yang kuat, yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi diri dari penyakit dan kerusakan sel. Antioksidan ini termasuk kalium, magnesium, vitamin B2, B3, B5, dan mangan, yang semuanya bisa berkontribusi dalam mendukung usaha penurunan berat badan.

Baca Juga: Diet Telur Rebus Kuningnya Dimakan atau Tidak? Ini Jawabannya

Nah, demikianlah ulasan terkait khasiat kopi hitam untuk diet menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News