Bugar

Yuk, Coba Konsumsi Makanan yang Bisa Menurunkan Asam Urat Berikut Ini

Yuk, Coba Konsumsi Makanan yang Bisa Menurunkan Asam Urat Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Inilah daftar makanan yang bisa menurunkan asam urat yang dapat Anda coba konsumsi!

Bagi penderita asam urat, memilih makanan yang tepat adalah kunci untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Beberapa jenis makanan dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat.

Melansir dari Very Well Health dan Cleveland Clinic, di bawah ini adalah beberapa makanan yang bisa menurunkan asam urat:

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang rendah purin dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal serta vitamin E. Zat-zat ini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Konsumsi makanan yang kaya akan senyawa ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko kerusakan sendi.

Baca Juga: Makanan Tinggi Purin Apa Saja? Ayo Cek Daftarnya di Sini!

2. Ceri

Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi ceri dan jus ceri asam 100% dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko kambuhnya serangan asam urat.

Ceri memiliki sifat antiinflamasi yang diketahui dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

3. Buah Jeruk

Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi frekuensi kambuhnya asam urat.

Vitamin C membantu tubuh membuang asam urat, dan buah jeruk, seperti jeruk bali, jeruk, atau nanas, merupakan sumber yang baik. Pilih buah dengan kandungan fruktosa rendah untuk menghindari peningkatan kadar asam urat yang disebabkan oleh gula alami.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Muncul Tanda-Tanda Diabetes Semakin Parah?

4. Produk Susu Rendah Lemak

Penelitian menunjukkan bahwa protein dalam produk susu dapat membantu menurunkan kadar asam urat secara alami. Memilih produk susu rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt rendah lemak, tidak hanya baik untuk mengelola asam urat, tetapi juga membantu menjaga berat badan yang sehat.

5. Tahu, Biji-bijian, Kacang-kacangan, dan Lentil

Protein nabati, seperti yang terdapat dalam tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lentil, sangat baik untuk membantu menjaga pola makan seimbang. Saat mengurangi konsumsi daging dan makanan laut yang tinggi purin, Anda masih membutuhkan sekitar 15%-30% asupan kalori dari protein.

Protein nabati dan minyak nabati (seperti minyak zaitun, bunga matahari, dan kedelai) juga dapat memberikan perlindungan dari serangan asam urat.

Baca Juga: Boleh Anda Coba! Begini Cara Menurunkan Asam Urat Alami yang Mudah dan Sederhana

6. Kopi

Meski asam, kopi tidak meningkatkan kadar asam urat. Justru sebaliknya, minum kopi secara rutin dapat menurunkan kadar asam urat dengan memperlambat pemecahan purin menjadi asam urat serta mempercepat proses pengeluaran asam urat melalui urine.

7. Air

Minum lima hingga delapan gelas air per hari bisa membantu mencegah gejala asam urat. Air mendukung ginjal dalam mengeluarkan asam urat melalui urine dan menjaga kesehatan ginjal juga penting karena gangguan ginjal bisa memicu asam urat.

Baca Juga: Daftar Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Konsumsi yuk!

Itulah makanan yang bisa menurunkan asam urat. Tertarik untuk mencobanya?

Selanjutnya: Promo Alfamart Paling Murah Sejagat 24-30 September 2024, Susu Anak Diskon Rp 19.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News