Bugar

Berikut Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, yuk Coba

Berikut Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, yuk Coba

MOMSMONEY.ID - Apa saja, sih, lauk pauk untuk penderita asam urat dan kolesterol yang disarankan?

Mengatur asam urat dan kolesterol sangatlah penting, dan ini bisa dimulai dari memilih lauk pauk yang tepat. Ada makanan yang harus dihindari dan ada juga yang disarankan untuk membantu mengelola kondisi ini.

Bersumber dari Health Grid, berikut adalah daftar lauk pauk untuk penderita asam urat dan kolesterol yang menyehatkan dan dapat Anda coba konsumsi:

1. Ayam tanpa kulit

Sebagai sumber protein rendah lemak, daging ayam, khususnya bagian yang tidak berkulit, bisa menjadi pilihan tepat untuk mengurangi asupan lemak jenuh yang memicu peradangan. Bagian kulitnya yang kaya lemak jenuh harus dihindari.

Baca Juga: Waspada! Begini Gejala dan Penyebab Angin Duduk yang Perlu Anda Tahu

2. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang rendah purin dan kaya nutrisi penting seperti vitamin D, esensial untuk kesehatan tulang. Telur bisa dikonsumsi secara terukur sebagai pilihan protein yang aman.

3. Tahu dan tempe

Sumber protein nabati ini memiliki kandungan purin yang lebih rendah dibanding daging merah. Ini menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian tanpa meningkatkan risiko serangan asam urat.

Baca Juga: Banyak Menjangkiti Anak Muda, Hindari 7 Makanan dan Minuman Penyebab Diabetes

4. Ikan omega-3 tinggi

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna kaya akan omega-3, yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan memperkuat kesehatan jantung. Meski demikian, konsumsi harus dijaga dalam batas wajar karena tingginya purin pada beberapa jenis ikan bisa mempengaruhi kadar asam urat.

5. Sayuran hijau

Sayuran seperti brokoli kaya serat dan vitamin, serta rendah purin, sangat baik untuk menjaga berat badan dan kesehatan pencernaan serta kesehatan tubuh secara umum.

Baca Juga: Olahraga Bisa Mencegah Diabetes dan Komplikasinya, Kok Bisa?

6. Kentang

Sebagai sumber karbohidrat rendah purin, kentang juga mengandung potasium yang mendukung keseimbangan cairan dalam tubuh. Hindari menggoreng dan pilih metode memasak yang lebih sehat seperti merebus atau membakar.

7. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang hijau, menyediakan serat dan protein yang mendukung keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh.

Baca Juga: Cara Menaikkan Gula Darah yang Drop, Konsumsi Makanan Ini Yuk!

8. Buah-buahan segar

Buah-buahan seperti ceri, stroberi, apel, dan pir, adalah camilan sehat yang menunjukkan potensi dalam mengurangi kadar asam urat, terutama ceri.

Itulah beberapa lauk pauk untuk penderita asam urat dan kolesterol yang menyehatkan. Manakah yang ingin Anda coba setelah ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News