Bugar

Boleh Anda Coba! Begini Cara Menurunkan Asam Urat Alami yang Mudah dan Sederhana

Boleh Anda Coba! Begini Cara Menurunkan Asam Urat Alami yang Mudah dan Sederhana

MOMSMONEY.ID - Sederhana dan mudah! Yuk, coba terapkan beberapa cara menurunkan asam urat alami berikut ini.

Serangan asam urat ditandai dengan nyeri mendadak, bengkak, dan peradangan di area sendi. Selain pengobatan medis, ada cara alami yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat secara efektif.

Melansir dari Healthline, berikut beberapa cara menurunkan asam urat alami yang mudah dan sederhana:

1. Batasi makanan yang tinggi purin

Makanan tinggi purin termasuk daging merah, jeroan, ikan, kerang, dan unggas. Mengonsumsi makanan ini dapat meningkatkan kadar asam urat.

Oleh karena itu, membatasi asupan makanan ini dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

Meskipun demikian, penelitian tahun 2020 menunjukkan, purin dari sayuran tidak banyak memengaruhi kadar asam urat, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengonsumsi sayuran kaya purin.

Baca Juga: 11 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan Tubuh Anda, Apa Saja ya?

2. Hindari gula berlebih

Fruktosa, sejenis gula alami yang ditemukan dalam buah dan madu, dapat meningkatkan kadar asam urat saat dipecah oleh tubuh. Gula yang terdapat dalam minuman manis lebih cepat diserap daripada gula dalam makanan utuh karena tidak mengandung serat.

Gula tambahan seperti sirup jagung fruktosa tinggi juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat. Untuk menurunkan asupan gula, pilihlah makanan utuh, hindari makanan olahan, dan gantikan minuman manis dengan air atau minuman tanpa pemanis.

3. Minum banyak air

Minum banyak air sangat penting untuk membantu ginjal mengeluarkan asam urat melalui urine. Ginjal bertanggung jawab menyaring sekitar 70% asam urat dalam tubuh.

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dapat mendukung fungsi ginjal dan membantu mencegah pembentukan batu ginjal akibat penumpukan asam urat.

4. Hindari alkohol

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan kadar asam urat. Bir, khususnya, mengandung purin yang lebih tinggi dibandingkan jenis alkohol lainnya.

Namun, semua jenis alkohol dapat meningkatkan produksi purin dan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Dengan menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol, Anda dapat menurunkan kadar asam urat.

Baca Juga: 9 Dampak Berbahaya Konsumsi Mie Instan Berlebihan, Cari Tahu di Sini!

5. Minum Kopi

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu menurunkan kadar asam urat dengan dua cara: pertama, kopi menghambat enzim yang memecah purin, sehingga mengurangi produksi asam urat, dan kedua, kopi meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya efek kopi terhadap asam urat.

6. Kelola berat badan

Kelebihan berat badan dapat memengaruhi kemampuan ginjal untuk mengeluarkan asam urat dan meningkatkan produksinya dalam tubuh. Menurunkan berat badan secara perlahan dan sehat dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

7. Kontrol gula darah

Orang dengan kadar gula darah tinggi atau diabetes memiliki risiko lebih besar mengalami hiperurisemia, kondisi di mana kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

Pastikan untuk memeriksakan kadar gula darah secara teratur dan konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki masalah dengan gula darah atau diabetes.

8. Tingkatkan asupan serat

Makan lebih banyak serat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin, serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Asupan serat yang disarankan untuk orang dewasa adalah sekitar 22–34 gram per hari.

Anda bisa meningkatkan asupan serat secara bertahap melalui makanan seperti gandum utuh, sayuran, dan buah-buahan.

Baca Juga: Anti Ribet! Begini Cara Merebus Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol

9. Perbanyak konsumsi vitamin C

Vitamin C diketahui dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari makanan seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan sayuran hijau.

Suplemen vitamin C juga tersedia, namun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

10. Makan ceri

Penelitian menunjukkan, ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat berkat kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dimilikinya, terutama antosianin.

Cobalah mengonsumsi segenggam ceri atau minum jus ceri tanpa tambahan gula untuk membantu mengatasi asam urat.

Itulah beberapa cara menurunkan asam urat alami yang mudah dan sederhana. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya.

Selanjutnya: Fluffy Baby Ajak Orang Tua Menjadi Visioner dalam Pendidikan Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News