AturUang

Xendit Ungkap Tren Pembayaran di Masyarakat

Xendit Ungkap Tren Pembayaran di Masyarakat

MOMSMONEY.ID - Seiring perkembangan teknologi, alat pembayaran pun semakin mudah dan praktis. Xendit Group sebagai perusahaan fintech dan payment gateway di Asia Tenggara memaparkan alat pembayaran yang akan menjadi tren di masyarakat.

1. Virtual Account masih menjadi pilihan utama untuk menerima pembayaran di Indonesia. Statistik menunjukkan bahwa Virtual Account menjadi pilihan utama di antara metode pembayaran pada kategori Money-In di Indonesia.

Virtual Account memberikan lebih dari 50% dari total volume pembayaran (TPV), mengalami pertumbuhan sebesar 7% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menggambarkan tingkat kepercayaan yang tinggi dalam penggunaan transfer bank dan virtual account di pasar Indonesia.

2. Sektor jasa tetap menjadi yang paling dominan dalam volume transaksi. Di antara merchant Xendit Group, sektor layanan mencatatkan frekuensi transaksi tertinggi (90 juta), dengan telekomunikasi seluler muncul sebagai kontributor utama pada pertumbuhan ini (pertumbuhan TPV sebanyak 3 kali lipat). Diikuti oleh layanan keuangan (70 juta) dan produk digital (30 juta).

Baca Juga: Xendit Kolaborasi Dengan Mungilmu Eksplor Bakat Anak

3. Penggunaan kartu kredit mengalami pertumbuhan pesat. Terjadi peningkatan 4 kali lipat pada Total Payment Volume (TPV) kartu kredit, yang menggambarkan kepercayaan pasar yang semakin meningkat. Penyumbang utamanya adalah peningkatan penggunaan kartu kredit dalam sektor travel dan layanan hospitality.

4. Peningkatan penggunaan transaksi QRIS. Xendit melaporkan peningkatan 6% dalam transaksi QRIS, mencapai lebih dari 20 juta transaksi. Pertumbuhan ini sejalan dengan inisiatif Bank Indonesia untuk meningkatkan penggunaan QRIS dan mendorong inklusi ekonomi digital.

5. Sektor ritel dan produk digital menunjukkan pertumbuhan pesat. Sektor ini berhasil melipatgandakan pertumbuhannya jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peningkatan ini merupakan bukti kemampuannya menghadapi perkembangan tren konsumen dan dinamika pasar.

6. Restoran, Travel, dan Layanan hospitality menjadi sektor yang menunjukkan kinerja paling baik. Sektor ini telah mencatatkan pertumbuhan jumlah transaksi sebesar 135% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tessa Wijaya, Co-Founder dan COO Xendit Group menuturkan Xendit tidak hanya bertujuan untuk mendukung infrastruktur pembayaran digital tetapi juga berkontribusi aktif pada inisiatif pemerintah untuk memperkuat pendidikan, perlindungan pengguna fintech, dan memajukan kolaborasi lintas sektor untuk membangun kepercayaan masyarakat dalam ekosistem ekonomi digital yang tangguh.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omzet dengan Manfaatkan Tradisi saat Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News