MOMSMONEY.ID - Industri peralatan rumah tangga global mengalami pertumbuhan signifikan, seiring dengan pergeseran pola konsumsi masyarakat terhadap teknologi pembersih rumah. Berdasarkan data Statista, nilai pasar global vacuum cleaner mencapai lebih dari USD 14 miliar pada 2023 dan diproyeksikan terus tumbuh, didorong oleh tren rumah pintar dan meningkatnya permintaan akan perangkat multifungsi.
Salah satu segmen yang mencatat pertumbuhan pesat adalah vacuum cleaner jenis wet & dry, yang menggabungkan fungsi penyedotan debu dan pengepelan lantai.
Perangkat ini menjadi pilihan konsumen urban karena efisiensi ruang, waktu, serta kemampuannya menangani berbagai jenis kotoran dalam satu alat. Kesadaran akan pentingnya kebersihan pascapandemi turut memperkuat permintaan atas perangkat ini.
Di tengah tren tersebut, sejumlah produsen elektronik rumah tangga berlomba menciptakan produk inovatif dengan teknologi pintar.
Baca Juga: Mayora Genjot Inovasi dan Ekspor, Targetkan Pertumbuhan Dua Digit di Pasar Global
Tineco, salah satu pemain yang cukup agresif, baru saja dinobatkan sebagai pemimpin pasar global vacuum cleaner wet & dry oleh Euromonitor International. Pengakuan ini didasarkan pada data penjualan global dari akhir 2023 hingga pertengahan 2024.
“Dinobatkan sebagai pemimpin global nomor satu dalam kategori vacuum cleaner wet & dry oleh Euromonitor International adalah pencapaian luar biasa,” ujar CEO Tineco, Ling Leng dalam siaran pers yang dikutip Senin (30/6).
Ia menambahkan bahwa pencapaian ini menjadi dorongan bagi perusahaan untuk terus berinovasi dalam menghadirkan solusi yang relevan dengan kebutuhan rumah tangga modern.
Sejak peluncuran vacuum cleanerpertamanya pada 2018, Tineco telah memperluas jangkauan teknologi, termasuk pada pembersih lantai dan karpet pintar.
Perusahaan mengklaim telah menjual lebih dari lima juta unit dalam setahun dan menjangkau 14 juta pengguna di pasar Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Model mereka juga tercatat sebagai produk terlaris di Amazon di enam negara, termasuk AS dan Jepang.
Ke depan, Tineco menyatakan fokus pada ekspansi pasar dan pengembangan produk. “Kami akan terus memperkenalkan teknologi baru yang mempermudah hidup pelanggan serta memperluas lini produk kami untuk memenuhi beragam kebutuhan,” ujar Ling Leng yang produknya dijual mulai Rp 2,5 juta per unit. .
Selanjutnya: Ekonom Bank Permata Prediksi Neraca Dagang RI Surplus US$ 2,29 miliar pada Mei 2025
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News