Hemat

Tokopedia Ungkap Tren Produk Kesehatan Yang Laris di E-commerce

Tokopedia Ungkap Tren Produk Kesehatan Yang Laris di E-commerce

MOMSMONEY.ID - Belakangan masyarakat semakin peduli akan menjaga kesehatan. Melihat hal ini, Tokopedia pun mencatat tren belanja online pada kategori produk kesehatan sepanjang kuartal III 2023 dibandingkan dengan kuartal II 2023.

“Tokopedia pun mengambil peran dengan mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk kesehatan sekaligus membantu pelaku usaha di bidang kesehatan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Kesehatan menjadi salah satu kategori produk yang paling laris di Tokopedia sepanjang kuartal III 2023,” jelas Head of Communications Tokopedia (GoTo E- commerce), Aditia Grasio Nelwan.

Kini sudah ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia yang memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar, termasuk produk kesehatan, dengan harga transparan. “Sejumlah wilayah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual produk kesehatan, yaitu Maluku Utara, Jambi dan Sulawesi Tenggara, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat,” jelas Aditia.

Selain itu, beberapa produk kesehatan paling laris di Tokopedia, antara lain multivitamin, perlengkapan medis (seperti alat bantu pernapasan dan alat laboratorium) dan obat-obatan dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 11 kali lipat.

Baca Juga: Eksplor 5 Wilayah Dingin di Indonesia Ini yuk untuk Kabur dari Cuaca Panas

Vice President of Tokopedia Marketing Solutions, Edwin Chayadi, di sisi lain mengatakan untuk membantu pelaku bisnis di bidang kesehatan memaksimalkan potensi e-commerce, Tokopedia menghadirkan solusi pemasaran menyeluruh, Tokopedia Marketing Solutions. Lewat Tokopedia Marketing Solutions, pelaku usaha dari berbagai skala dan bidang, termasuk kesehatan, bisa menjangkau lebih banyak pengguna Tokopedia yang saat ini tersebar di 99% kecamatan di Indonesia, dengan hadir di seluruh consumer purchase journey.

Beberapa pelaku bisnis di bidang kesehatan yang memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions dan mengalami peningkatan bisnis, contohnya OMRON Healthcare, Sido Muncul dan Kimia Farma Apotek.

Kimia Farma Apotek (KFA), integrated healthcare company di Indonesia, telah memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions, dalam hal ini TopAds, Dynamic Channel, Broadcast Chat dan Tokopedia Display Network. KFA berhasil mengalami peningkatan pendapatan di e-commerce sebesar 19 kali lipat dibandingkan sebelum memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions.

Keberhasilan KFA tidak lepas dari komitmen perusahaan untuk melakukan transformasi digital dan mengeksplorasi seluruh fitur promosi yang ada di e-commerce. KFA kini memiliki Official Store di Tokopedia dengan total 4.500 SKU, melengkapi 1800 jaringan outlet fisiknya yang meliputi apotek, klinik, hingga vending machines.

“Kerja sama kami dengan Tokopedia Marketing Solutions telah memainkan peran kunci dalam mendorong perjalanan digital kami. Dengan peningkatan luar biasa sebanyak 19 kali lipat dalam penjualan e-commerce,” ungkap Agus Chandra, Direktur Utama KFA.

Baca Juga: Sambut Hari Diabetes Sedunia, Tokopedia & Ahli Gizi Ungkap Cara Cegah Risiko Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News